Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Peningkatan Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Mandiri Syariah Kabupaten Mamuju

Authors

  • Risma Nurfitriyah Universitas Dirgantara Marsekal Surydarma
  • A Faisal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Customer Service sebagai cara untuk mempertahankan loyalitas nasabah karena secara ilmiah memiliki pengaruh yang signifikan pada nasabah.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini agar kiranya digunakan sebagai acuan peneliti berikutnya. Hasil koefisien determinasi dan kontribusi dari faktor-faktor dependen terhadap independen diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk mengetahui indikasi pengaruh dari variabel lain seperti promosi, kualitas produk dan berbagai variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah.

Kata Kunci:  Kualitas, Customer Service, Loyalitas

References

Ascarya. 2007. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Butler,Christopher. 2005. The Dynamic Of Leaguage Use. UK : Jhon Benjamins Publishing.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R& D. Bandung : Alfa Beta.

Dendawijaya, Lukman, 2005. Manajemen Perbankan. Bogor : Ghalias Indonesia.

Fandy Tjiptono, 2008. Strategi Pemasaran, Yogyakarta:Andi

......................... 2012. Strategi Pemasaran, Edisi. 3, Yogyakarta, Andi.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Kasmir. 2005. Etika Customer service. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

............, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mauludin, Hanif, 2013, Essay: Analisis Kualitas Pelayanan, pengaruhnya terhadap Citra (Image) Rumah Sakit. Jakarta: Erlangga

Palilati, 2004 .“Pengaruh Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Wilayah Etnik Bugisâ€, Analisis, Vol. 1, No.2, hal. 68

Ratih Hurriyati, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : ALFABETA

Saleh., 2010. Manajemen Pelayanan . Pustaka Pelajar, Jakarta

Sudarsono. 2012. “Bank & Lembaga Keuangan Syariah†: Deskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekosoria

Yanti, 2013. eJournal lmu Komunikasi, 2013, 1 (2): 39-54 ISSN 0000-0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.org

Yusdani. 2005. Perbankan Syariah Berbasis Floating Market. Millah. Vol. IV, No.2 Januari 2005

Irianta, Yosal 2004. Manajemen Strategis Public Relations, PT. Ghalia Indonesia. Jakarta Sumber pustaka Undang-undang :

Anonym, Undang-Undang No. 21 Tahun 2008, Tentang Perbankan Syariah, Pasal 1 butir 23. Jakarta: Sinar Grafika.

............., Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Pasal 1. Jakarta: Sinar Grafika.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-12