Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Le-minerale pada Karyawan Universitas MH Thamrin

Authors

  • Ade Sandra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Manajemen pemasaran berperan meningkatkan penjualan suatu produk melalui keputusan pembelian konsumen dengan variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya periklanan dan citra merek. Rumusan masalah adalah periklanan dan citra merek baik secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner yang diberikan secara langsung karyawan Universitas MH Thamrin sebagai responden yang dilakukan secara sampling melalui metode Slovin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Periklanan dan Citra Merek baik secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Le-Minerale. Hasil penelitian yaitu: 1) Secara parsial periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. 2) Secara parsial citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian LeMinerale. 3) Secara simultan periklanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. Kesimpulan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara periklanan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian LeMinerale. Saran bagi penelitian selanjutnya sebagai bahan referensi untuk penelitian dimasa mendatang berkaitan dengan keputusan pembelian yang dipengaruhi periklanan, dan citra merek.

Keyword: Iklan, Merek, Pembelian

References

Ayuniah, Putri, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok)â€, dalam Jurnal Ekonomi Bisnis, 22, 208-219, Indonesia 2017

Aziky, Azharul & Masreviastuti, “Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.Co.Idâ€, dalam J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4, 193-196, Malang, Indonesia 2018

Dewi, N. L. G. D. N, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphonedi Kota Denpasarâ€, dalam E-Jurnal Manajemen, 2, 246-261, Indonesia 2013

Dianah, Nur, Henny Welsa, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)â€, dalam Jurnal Manajemen UST, 7, 16-26, Yogyakarta, Indonesia 2017

Laoli, Yaniria & Samsurija Hasan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan di Kota Bangkinangâ€, dalam Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2, 50-59, Bangkinang, Indonesia 2020

Nugroho, Budiarto & Iwan Kurniawan Subagja, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timurâ€, dalam Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, 28-47, Indonesia 2018

Pahlawan, Ridho Tobing & Lila Bismala, “Pengaruh Citra Merek dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransiâ€, dalam Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 1, 73-82, Sumutera Utara, Indonesia 2015

Pramita, Winda & Iwan Kurniawan Subagja, “Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsungâ€, dalam Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, Jakarta, Indonesia 2018

Rahman, Ananda, “Pengaruh Iklan Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Merokok Siswa di SMA Negeri 2 Medan Tahun 2012â€, Jurnal Akuntansi dan Bisnis USU, Indonesia 2012

Rizky, Muh Fauzan, Maskuri Sutomo & Rahmat Mubaraq, “Pengaruh Kepercayaan Merek, Periklanan, dan Kualitas Produk Terhada Keputusan Pembelian Produk Minuman Isotonik Mizone di Kota Paluâ€, dalam Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1, 7-14, Indonesia 2015

Romal, Artika Amrullah, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beatâ€, dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5, 1-15, Indonesia 2016

Ruslim, T., & Andrew, R, “Pengaruh Brand Image dan Produk Knowledge Terhadap Purchase Intentation: Kasus Kosmetik Merek Xâ€, dalam Jurnal Media Bisnis, 4, 34-44, Indonesia 2012

Septi, Dwi Haryani, “Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinangâ€, dalam Jurnal DIMENSI, 8, 54-70, Indonesia 2019

Setiawan, Tri Saputra, Kadarisman Hidayat, Sunarti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)â€, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50, Malang, Indonesia 2017.

Situmorang, Irwanty L,â€Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja di Kota Pekanbaruâ€, dalam JOM Fekon, 4, 72-86, Pekanbaru, Indonesia 2017

Sri, Handayani, “Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Pelayanan Air Bersih Pada PDAM Tirtasari Binjaiâ€, dalam Jurnal Non Eksakta, 4, 2, Indonesia 2012

Lesmana, Roasa,â€Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovationâ€, dalam Jurnal KOMPETITIF, 2, 59-72, Indonesia, 2019

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13