Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Le-minerale pada Karyawan Universitas MH Thamrin
Abstract
Manajemen pemasaran berperan meningkatkan penjualan suatu produk melalui keputusan pembelian konsumen dengan variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya periklanan dan citra merek. Rumusan masalah adalah periklanan dan citra merek baik secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner yang diberikan secara langsung karyawan Universitas MH Thamrin sebagai responden yang dilakukan secara sampling melalui metode Slovin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Periklanan dan Citra Merek baik secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Le-Minerale. Hasil penelitian yaitu: 1) Secara parsial periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. 2) Secara parsial citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian LeMinerale. 3) Secara simultan periklanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Le-Minerale. Kesimpulan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara periklanan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian LeMinerale. Saran bagi penelitian selanjutnya sebagai bahan referensi untuk penelitian dimasa mendatang berkaitan dengan keputusan pembelian yang dipengaruhi periklanan, dan citra merek.
Keyword: Iklan, Merek, Pembelian
References
Ayuniah, Putri, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok)â€, dalam Jurnal Ekonomi Bisnis, 22, 208-219, Indonesia 2017
Aziky, Azharul & Masreviastuti, “Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.Co.Idâ€, dalam J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 4, 193-196, Malang, Indonesia 2018
Dewi, N. L. G. D. N, “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphonedi Kota Denpasarâ€, dalam E-Jurnal Manajemen, 2, 246-261, Indonesia 2013
Dianah, Nur, Henny Welsa, “Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)â€, dalam Jurnal Manajemen UST, 7, 16-26, Yogyakarta, Indonesia 2017
Laoli, Yaniria & Samsurija Hasan, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan di Kota Bangkinangâ€, dalam Jurnal Riset Manajemen Indonesia, 2, 50-59, Bangkinang, Indonesia 2020
Nugroho, Budiarto & Iwan Kurniawan Subagja, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Perkreditan Rakyat Gracia Mandiri Bekasi Timurâ€, dalam Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, 28-47, Indonesia 2018
Pahlawan, Ridho Tobing & Lila Bismala, “Pengaruh Citra Merek dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransiâ€, dalam Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 1, 73-82, Sumutera Utara, Indonesia 2015
Pramita, Winda & Iwan Kurniawan Subagja, “Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Samsungâ€, dalam Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6, Jakarta, Indonesia 2018
Rahman, Ananda, “Pengaruh Iklan Media Luar Ruang Terhadap Perilaku Merokok Siswa di SMA Negeri 2 Medan Tahun 2012â€, Jurnal Akuntansi dan Bisnis USU, Indonesia 2012
Rizky, Muh Fauzan, Maskuri Sutomo & Rahmat Mubaraq, “Pengaruh Kepercayaan Merek, Periklanan, dan Kualitas Produk Terhada Keputusan Pembelian Produk Minuman Isotonik Mizone di Kota Paluâ€, dalam Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1, 7-14, Indonesia 2015
Romal, Artika Amrullah, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beatâ€, dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5, 1-15, Indonesia 2016
Ruslim, T., & Andrew, R, “Pengaruh Brand Image dan Produk Knowledge Terhadap Purchase Intentation: Kasus Kosmetik Merek Xâ€, dalam Jurnal Media Bisnis, 4, 34-44, Indonesia 2012
Septi, Dwi Haryani, “Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinangâ€, dalam Jurnal DIMENSI, 8, 54-70, Indonesia 2019
Setiawan, Tri Saputra, Kadarisman Hidayat, Sunarti, “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)â€, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50, Malang, Indonesia 2017.
Situmorang, Irwanty L,â€Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan Terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s Pada Remaja di Kota Pekanbaruâ€, dalam JOM Fekon, 4, 72-86, Pekanbaru, Indonesia 2017
Sri, Handayani, “Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Pelayanan Air Bersih Pada PDAM Tirtasari Binjaiâ€, dalam Jurnal Non Eksakta, 4, 2, Indonesia 2012
Lesmana, Roasa,â€Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Tehnology And Innovationâ€, dalam Jurnal KOMPETITIF, 2, 59-72, Indonesia, 2019
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.