Peran Kepuasan Kerja Memediasi Pengaruh Kepemimpinan Situasional dan Pengembangan Karir terhadap Organizational Citizenship Behavior Satuan Kerja Pangkalan TNI AU Dhomber

Authors

  • Andhika Rachman Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan kerja memediasi pengaruh kepemimpinan situasional dan pengembangan karir terhadap organizational citizenship behavior (OCB) personel di satuan kerja Pangkalan TNI AU Dhomber. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Partisipan yang didapatkan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang (2orang PA dan 2 orang Bintara) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di satuan kerja Pangkalan TNI AU Dhomber dengan menggunakan teknik wawancara. Analisa yang dilakukan adalah Analisa interaktif. Hasil penelitian ini menemukan gambaran bagaimana kepuasan kerja dapat memediasi pengaruh kepemimpinan situasional dan pengembangan karir terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan situasional dan pengembangan karir memiliki peran penting untuk meningkatkan kepuasan kerja personel yang nantinya akan berdampak terhadap organizational citizenship behaviour (OCB) personel Satuan Kerja Pangkalan TNI AU Dhomber.

Kata Kunci:    Kepemimpinan Situasional, Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

References

Colquitt, Jason A, Jeffery A, Lepine, & Michael J. Wesson. (2015). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in The Workplace. Edisi 4.McGraw-Hill Education. New Yor

Darko, EO, Darko, TO (2015).Leadership and Employee Satisfaction in the Ghanaian Banking Sector. European Journal of Business and Management. Vol.7, No.8, pp. 109-111.

Darmawan, KA, & Satrya, IGB (2018). Pengaruh Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Karyawan. E-Jurnal Manajemen Unul, Vol.7, No.5, pp. 2508-2537.

Gibson, James, L, John, M, Ivancevich, James, H, Donnelly, Jr, & Robert, Konopaske, 2012, Organizational Behavior. Edisi 14. McGraw-Hill Companies, Inc. New York.

Hartono, Hamid N, Yusuf RM. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Kantor PT. Nindya Karya Branch Makassar). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship. Vol 1, No.2, pp. 15-32.

Harumi, TAM, & Riana IG, (2019). Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Keadilan Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Vol. 7, No. 1, pp. 93-108.

Jusuf, AH, et all. (2016) The effect of career development, leadership style and organizational culture on job satisfaction and organizational commitment. International Journal of Business and Management Invention. Vol.5, No.3, pp. 7-17.

Katidjan, PS, Pawirosumarto, S, Isnaryadi, A 2017, ‘Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan’. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 7, No. 3, pp. 429 – 446.

Kebede, AM.(2017). The Influence of Leadership Styles on Employees’ Job Satisfaction in Ethiopian Public Universities. Contemporary Management Research. Vol.13, No.3, pp. 165-176.

Kurniawan, KY. (2015). Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di PT Parit Padang Global. Jurnal Agora, Vol. 3, No.2, pp. 115-120.

Mattalatta S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Situasional Terhadap Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Keluarga (Studi Kasus Pada PT.Putra Karella Group). Management Development and Applied Research Journal. Vol. 1, No. 2, pp. 35-42.

Oktariyani F. (2019). Pengaruh Kompensasi dan Pengembangan Karir terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Manajemen, Vol.5, No.1, pp. 714-720.

Oktaviani, EN & Utami, HN. (2018).Pengaruh Kompensasi dan Pengembangan Karir Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol.55, No.1, pp. 107-114

Organ, DW. (1988). Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington: Lexington Books

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13