Strategi Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Bkn dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Pelayanan Kepegawaian
Abstract
Pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah bukan hanya pelayanan yang di berikan kepada masyarakat umum, tetapi juga pelayanan yang diberikan kepada seluruh ASN yang berada di seluruh Indonesia. Badan Kepegawaian Negara, sebagai satu Lembaga Negara yang menjalankan fungsi pelayanan kepegawaian hingga saat ini selalu melakukan pembaharuan dan modernisasi dalam hal pelayanan kepegawaian. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mencoba mengetahui proses dan tahapan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengelolaan sumber daya manusia, hingga peningkatan efisiensi dan efektifitas, hingga pengawasan pelayanan kepegawaian pada Badan Kepegawaian Negara, khususnya pada Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan pada Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara sebagai objek penelitian. Sedangkan sebagai informan sebagai subjek penelitian yaitu antara lain Direktur dan Pejabat pada Direktorat Status Kedudukan Kepegawaian, seluruh pegawai di Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian, serta beberapa instansi terkait untuk pengambilan sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi atau pengamatan terhadap kegiatan pelayanan kepegawaian di Direktorat SKK, serta dokumentasi. Dan untuk teknik keabsahan data yaitu meliputi teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa temuan, yaitu : adanya pelayanan secara manual dan secara elektronik menggunakan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan kepegawaian, proses pengembangan aplikasi agar dapat memenuhi ekspektasi ASN di seluruh Indonesia dalam pelayanan kepegawaian, serta manajemen SDA sekaligus pengawasan pelaksanaan pelayanan kepegawaian agar kemudian dapat menciptakan kebijakan dalam perencanaan pengembangan program selanjutnya.
Kata Kunci: Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian, Pelayanan Kepegawaian bagi ASN
References
Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat. George R. Terry. (2013). Dasar dasar manejemen
Hariadi, B. (2003). Strategi manajemen: Strategi memenangkan perang bisnis (1st ed.). Bayumedia.
Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014: Tentang Aparatur Sipil Negara
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.