Strategi Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Bkn dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Pelayanan Kepegawaian

Authors

  • Arina Mega Pertiwi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah bukan hanya pelayanan yang di berikan kepada masyarakat umum, tetapi juga pelayanan yang diberikan kepada seluruh ASN yang berada di seluruh Indonesia. Badan Kepegawaian Negara, sebagai satu Lembaga Negara yang menjalankan fungsi pelayanan kepegawaian hingga saat ini selalu melakukan pembaharuan dan modernisasi dalam hal pelayanan kepegawaian. Dalam hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mencoba mengetahui proses dan tahapan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengelolaan sumber daya manusia, hingga peningkatan efisiensi dan efektifitas, hingga pengawasan pelayanan kepegawaian pada Badan Kepegawaian Negara, khususnya pada Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan pada Direktorat Status dan Kedudukan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara sebagai objek penelitian. Sedangkan sebagai informan sebagai subjek penelitian yaitu antara lain Direktur dan Pejabat pada Direktorat Status Kedudukan Kepegawaian, seluruh pegawai di Direktorat  Status  dan  Kedudukan  Kepegawaian,  serta  beberapa  instansi  terkait untuk pengambilan sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi atau pengamatan terhadap kegiatan pelayanan kepegawaian di Direktorat SKK, serta dokumentasi. Dan untuk teknik keabsahan data yaitu meliputi teknik triangulasi sumber dan triangulasi data. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa temuan, yaitu : adanya pelayanan secara manual dan secara elektronik menggunakan aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi  dan  efektifitas  pelayanan  kepegawaian,  proses  pengembangan  aplikasi agar dapat memenuhi ekspektasi ASN di seluruh Indonesia dalam pelayanan kepegawaian,   serta   manajemen   SDA   sekaligus   pengawasan   pelaksanaan pelayanan kepegawaian agar kemudian dapat menciptakan kebijakan dalam perencanaan pengembangan program selanjutnya.

Kata Kunci:  Direktorat   Status   dan   Kedudukan   Kepegawaian,   Pelayanan Kepegawaian bagi ASN

References

Anwar, S. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat. George R. Terry. (2013). Dasar dasar manejemen

Hariadi, B. (2003). Strategi manajemen: Strategi memenangkan perang bisnis (1st ed.). Bayumedia.

Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014: Tentang Aparatur Sipil Negara

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13