Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Authors

  • Bambang Apriyanto Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Widodo Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami strategi yang tepat dengan metode literature review dalam menangani dua kejadian yang terjadi dalam menjalankan usaha. Pertama produk tidak terjual dipasar karena pasar tidak merespon produk yang ditawarkan atau produk tersebut kalah bersaing dan kedua permintaan produk meningkat, tetapi produk tidak terpenuhi karena kapasitas terbatas. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan penjualan dalam mempertahankan konsumen ketika permintaan menurun atau meningkat. Belum adanya penelitian yang membahas kedua kejadian tersebut secara bersamaan, maka penelitian ini fokus pada strategi untuk mengatasi kedua kejadian tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan mengidentifikasi teknik life cycle product didukung dengan teknik mix marketing. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa terdapat strategi mengelola usaha untuk mampu bertahan lama, seperti memberikan potongan harga atau pelayanan khusus agar konsumen bersedia menunggu ketika kapasitas penjualan sedang meningkat.  Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi panduan untuk menjadi strategi bagi umkm baru atau umkm yang sudah berjalan karena tidak selamanya usaha tersebut berjalan dengan sempurna.

Kata Kunci:  Kapasitas, Life Cycle Product, Mix Marketing

References

Alfoqahaa, S. (N.D.). Critical Success Factors Of Small And Medium-Sized Enterprises In Palestine. Https://Doi.Org/10.1108/Jrme-05-2016-0014

Financial Literacy Of Micro, Small, And Medium Enterprises Of Consumption Sector In Probolinggo City. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.10-17 Fitriani, S., Wahjusaputri, S., & Diponegoro, A. (2021).

Kasus, S., Hoyweapstore, :, Triyansyah1, D., & Fitrianah2, D. (N.D.). Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing. Https://Doi.Org/10.22441/Incomtech.V8i2.4174

Komalasari, F. P., & Budiman, S. F. (2018). Customer Retention Strategy Through Customer Satisfaction And Customer Loyalty: The Study On Traveloka Loyalty Program. Trj Tourism Research Journal, 2(1), 69–75. Https://Doi.Org/10.30647/Trj.V2i1.32

Kotler Philip, Gary Armstrong, 2008, Dasar-Dasar Pemasaran, yang dialibahasakan oleh Drs.Alexander Sindoro, Jakarta : Prehallindo.

Liu, S., Hua, G., Cheng, T. C. E., & Dong, J. (2021). Unmanned Vehicle Distribution Capacity Sharing With Demand Surge Under Option Contracts. Transportation Research Part E: Logistics And Transportation Review, 149, 102320. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tre.2021.102320

Liu, W., Wang, D., Tang, O., & Zhu, D. (2018). The Impacts Of Logistics Service Integrator’s Overconfidence Behaviour On Supply Chain Decision Under Demand Surge. European Journal Of Industrial Engineering, 12(4), 558–597. Https://Doi.Org/10.1504/Ejie.2018.093634

Maksum, I. R., Rahayu, A. Y., Kusumawardhani, D., Yayuk, A., & Rahayu, S. (2020). A Social Enterprise Approach To Empowering Micro, Small And Medium Enterprises (Smes) In Indonesia. Article In Journal Of Open Innovation Technology Market And Complexity. Https://Doi.Org/10.3390/Joitmc6030050

Muslihana, M. (2019). Evaluasi Product Life Cycle (Plc) Untuk Menentukan strategi Bauran Pemasaran Pada Bebek Galak 88.

Nasucha, M. S. N. (2020). Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Terhadap Pemasaran Di Rumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo.

Palmatier, R. W., & Crecelius, A. T. (2019). The “First Principles†Of Marketing Strategy. Ams Review, 9(1–2), 5–26. Https://Doi.Org/10.1007/S13162- 019-00134-Y S, T., A, S., J, L., J, C., J, F., & M, K. (2020).

Septiyanto, D., Wijayantini, B., & Gunawan Wibowo, Y. (N.D.). Strategi Marketing Mix Pupuk Spry Up Berdasarkan Product Life Cycle Di Toko Pupuk Fast Cabang Kalisat Kota Jember.

Setiawan, R., & Achyar, A. (2013). Effects Of Perceived Strengthening Health Systems Resilience: Key Concepts And Strategies. Strengthening Health Systems Resilience: Key Concepts And Strategies.

Suminar, R. (2020). Formulasi Strategi Dari Evaluasi Siklus Hidup Produk, Strategi Kekuatan Kompetisi Dan Anticipating Competitor’s Action Studi Kasus Convenience Store. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.31599/Jiam.V16i1.109

Swasty, W., Putri, M. K., Koesoemadinata, M. I. P., & Gunawan, A. N. S. (2021). The Effect Of Packaging Color Scheme On Perceptions, Product Preferences, Product Trial, And Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 27–39. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.27-39

The Collaborated Trade Shows And Community Entrepreneurs: How They Benefit Small Medium- Sized Enterprises. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(1), 84–93. Https://Doi.Org/10.9744/Jmk.23.1.84-93

Trust And Perceived Price On Customers’ Intention To Buy In Online Store In Indonesia. Asean Marketing Journal, 4(1). Https://Doi.Org/10.21002/Amj.V4i1.2029

Tyas, A. A., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Strategi Promosi Penjualan Dalam Menghadapi Pesaing Di Era Digital (Studi Pada Pengusaha Mebel Bintang Banyuwangi). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2), 126–134.

Xu, J. (2018). Research On Enterprise Marketing Strategy Based On Product Life Cycle Theory. 679–682. Https://Doi.Org/10.2991/Snce- 18.2018.138

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads