Analisis Peningkatkan Kinerja Karyawan Bagian Produksi Pt. Dystar Colours Indonesia
Abstract
Setiap perusahaan yang baik pasti ingin memiliki kualitas yang baik dari para pegawainya. Pegawai yang baik dan bermutu akan mempengaruhi tingkat kinerja dalam menjalankan pekerjaannya dan mencapai tujuan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan pada PT. DyStar Colours Indonesia dan bagaimana mencari solusi untuk meningkatkannya. PT. DyStar Colours Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur zat pewarna tekstil, bagian dari group DyStar yang tersebar di 50 negara. Permasalahan yang dialami oleh PT. DyStar Colours Indonesia adalah menurunnya kinerja karyawan pada bagian produksi yang mengakibatkan produktivitas pekerjaan menurun sehingga menyebabkan tidak tercapainya target yang telah ditentukan dan menghambat pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengkolaborasikan wawancara semi-terstruktur dan metode pendekatan kajian pustaka sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah didapat direduksi dan dianalisis untuk mencari penyebab turunnya kinerja karyawan dan mengetahui cara untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dari hasil penelitian didapati tiga aspek yang bisa meningkatkan kinerja karyawan, yaitu aspek kompensasi, aspek disiplin kerja dan aspek pendidikan & pelatihan.
Kata Kunci: Peningkatan Kinerja Karyawan, Kinerja Karyawan, Sumber Daya Manusia
References
Ariana, T. & Riana. (2013). Pengaruh kepemimpinan, kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Cendana Resort dan Spa Ubud, Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, Vol. 2, No.1, 121-136.
Ardana, I Komang, Ni Wayan Mujiati dan I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bangun, Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.
Denison, D. R., & Mishra, A. K. (1995). Toward a theory of organizational culture and effectiveness. Organization science, 6(2), 204-223.
Dirwan, A. (2019). Statistika: Aplikasi Praktis Untuk Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada
G. R. Terry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana, 2010 p-37
Gardjito, A., H. et al. (2014). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan KerjaTerhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 13.1: 1- 8.
Hoyt, Howard W. dari Kartini (Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.,2011, p-2,p-37
Koesomowidjojo. (2017). Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses. Riandani, W. (2015). Hubungan Pelatihan dan Kompensasi dengan Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Elnusa di Kota Balikpapan. EJournal Administrasi Bisnis, Vol. 3, No. 4, 2015: 873-887.
Siagian, S., P. (2014). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Jakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparyadi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia.
Triton, P. B. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia: Perspektif Partnership dan Kolektivitas. Yogyakarta: Oryza.
Tucunan, R., J., A. et al. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 3.9: 533-550.
Weol, D., H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan Dan Penempatan Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Volume 15 No. 05 Tahun 2015.
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.