Analisa Kalah Bersaing Ponsel Blackberry Ditinjau Dari Teory STP Pemasaran

Authors

  • Budi Wiratno Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Telepon seluler/ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat dunia. Awal kemunculan ponsel tahun 1973 oleh Martin Cooper dengan merk dagang Motorolla berfungsi hanya untuk komunikasi mobile. Sehingga dimananpun berada manusia bisa berkomunikasi dengan lancar dalam rangka menunjang aktifitasnya. Selanjutnya dengan cepat ponsel berevolusi menjadi alat yang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi. Ponsel dengan ditunjang jaringan internet, selain sebagai alat komunikasi juga menjadi alat hiburan, transaksi ekonomi, media bekerja, komunikasi video, mencari berbagai informasi, GPS dan lain sebagainya. Tahun 2000-an, BlackBerry pernah menjadi merek ponsel paling diminati. Kepopulerannya saat itu menggeser dominasi merek Nokia yang sudah berjaya bertahun-tahun. Setelah tahun 2010, kejayaan BlackBerry mulai meredup. Puncaknya, pada tanggal 4 Januari 2022, Blackberry Ltd, menghentikan seluruh dukungan sistem operasi BlackBerry OS. Salah satu faktor besar kekalahan bersaing ponsel BlackBerry adalah persaingan ponsel smartphone yang semakin sengit. Terutama setelah kelahiran iPhone (Apple) di tahun 2007 dan smartphone Android (Google) pertama di tahun 2008. Tulisan ini berusaha menganalisa kebangkrutan ponsel blackberry dilihat dari teori STP marketing yaitu segmentasi, targetting dan positioning.

Kata Kunci:  Persaingan Usaha; Segmentasi; Targetting; Positioning

References

Gilin, John Lewis dan John Philip Gilin, Cultural Sociology, (New York: The Macmillan Company). Seperti yang dikutip dalam Buku Soerjono Soekanto, Sosiologi: Suatu Pengantar. Cet. ketigapuluh tiga, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002), hal.91

Hansen, Knud, et al, Undang-undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, (Jakarta: Katalis, 2002), hal.7

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jilid I, Edisi Keenam, Jakarta : Erlangga, 2006.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa : Benyamin Molan, Edisi Keduabelas, Jilid Satu, Cetakan Pertama, Jakarta : Indeks, 2007.

Sari, Milya dan Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,†Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): hlm. 43.-60

Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Mikroekonomi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004) hlm.229

Usman, Rachmadi, Hukum Persaingan Usaha. Cet.1 (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004) hal.9.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13