Analisis Strategi Pemasaran Melalui Market Place Dalam Era Digital Pada Masa Sekarang

Authors

  • Erika Merdiana Armono Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Yanthy Yosepha Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Perkembangan dunia di era digital saat ini telah menemukan jalan untuk memudahkan perusahaan dalam mengiklankan hasil produksinya. Salah satu jalannya adalah dengan menggunakan e-commerce (toko online). Toko online berfungsi sebagai sarana penjualan yang terdiri dari penjualan online, pembelian online dan pembayaran online yang dilengkapi dengan informasi dan cara yang detail. Itu terkandung dalam salah satu sistem yang dibuat dengan cara ini, yaitu pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran pada era digital saat ini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dimana menggunakan teknik pengumpulan data penelitian kepustakaan, yang dilakukan dengan menggunakan studi literatur atau bahan pustaka online dan menjadikannya sebagai landasan teori untuk penulisan makalah penelitian ini. Strategi pemasaran di era digital adalah strategi yang beradaptasi dengan teknologi digital dan perilaku pembeli saat ini. Dari pasar e-commerce hingga jaringan media sosial dan mesin pencari seperti Google, jaringan internet saling berhubungan. Kami  mempelajari cara menarik prospek untuk mengoptimalkan pemasaran agar pembeli tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan, sehingga produk yang sudah ada dipasarkan secara luas, memanfaatkan pasar yang sedang populer, menginformasikan dan mengubah pembeli menjadi pembeli yang loyal. Saat ini masih kurangnya kesadaran dari masyarakat atau pengusaha tentang pengelolaan pasar, sehingga tidak  semua lokasi atau kios menerima atas permintaan atau pesanan dari pelanggan. Hal ini tentu saja menjadi masalah bagi penjual karena dianggap kurang mampu dalam memenuhi target penjualan. Media digital merupakan sarana untuk mempromosikan kegiatan Anda, khususnya di bidang pemasaran. Pengusaha perlu memiliki keterampilan dan kemampuan digital, seperti yang dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci:  Strategi Pemasaran, Market Place, E-Commerce, Era Digital

References

Djogo, Y. O. (2022). STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM ERA DIGITAL PADA MASA SEKARANG. Jurnal Ilmu Administrasi.

Friadi, J., Agestira, D., Rumayar, M. A., & Dewiwin, N. (2022). Sosialisasi dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Barelang.

Hadi , A. S., & Khairi, A. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada Kelompok Ibu PKK Desa Gadingharjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mucholil, Oka R, I. G., Iswari , I., RS, F., BP, I., & MS, L. (2021). Pengembangan Pemasaran Desa Batik Jetis Di Era Digital. Prapanca Jurnal Abdimas.

Mujektahit, M., & Nafita Sari, R. R. (2021). Implementasi Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Hotel Grand Surya Kediri. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Permanawati, R. N., Sudarma, K., Permana, M. V., & Rafinda, A. (2022). STRATEGI PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM KLASTER OLAHAN PANGAN DI KOTA SEMARANG. JURNAL PENGABDIAN BISNIS DAN AKUNTANSI.

Rahmadani, N., Kurniawan, E., & Sena, M. D. (2021). PEMANFAATAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA PONSEL. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat.

Rumondang. (2019). Strategi Pemasaran Ikan kerapu Berbasis Teknologi E-Commerce di Desa Mesjid Lama Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara . Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sari, D. S., Damar Rani, H. A., Trisetiyanto, A. N., & Sudomo, R. I. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk secara Online pada Marketplace untuk Pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kab. Kudus. Jurnal Tematik.

Syaputra, D. Y. (2021). KONSEP STRATEGI PEMASARAN MARKETPLACE SEBAGAI PENERAPAN MARKETING 4.0. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi: p–ISSN: 2723 - 6609.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13