Manfaat Teknologi Internet of Things (IOT) di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Fadli Andria Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Teknologi Internet of Things (IoT) telah membuktikan kegunaannya dalam menghadapi masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat utama yang ditawarkan oleh IoT dalam mengatasi pandemi ini. Dalam penelitian ini, kami mengumpulkan data dari berbagai sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan implementasi IoT selama pandemi COVID-19. Hasilnya menunjukkan bahwa IoT dapat memberikan beberapa manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek penanganan pandemi. IoT dapat digunakan dalam pemantauan kesehatan individu secara real-time. Melalui perangkat yang terhubung ke jaringan IoT, suhu tubuh, detak jantung, dan parameter kesehatan lainnya dapat dipantau dengan akurat. Hal ini memungkinkan deteksi dini gejala COVID-19 dan tindakan cepat untuk mencegah penyebaran virus. IoT dapat mengurangi kontak fisik langsung antara orang- orang. Misalnya, dengan menggunakan sistem pintu otomatis atau sensor gerak, manusia dapat menghindari menyentuh permukaan yang sering disentuh oleh banyak orang, sehingga mengurangi risiko penularan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi IoT selama pandemi COVID-19 memiliki manfaat yang signifikan dalam memantau kesehatan, mengurangi kontak fisik, menjaga jarak sosial, mengelola infrastruktur kesehatan, pelacakan dan trasabilitas, meningkatkan kebersihan, dan mendukung pendidikan jarak jauh

Kata Kunci:  Internet, Manfaat IOT, Pandemi, Teknologi

References

Ai, T., Yang, Z., Hou, H., Chen, C., Lv,W.,Tao,Q.,Xia,L.(2020).Co rrelation Of Chest CT And RT- PCR Testing For Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)In China: a Report of 1014 Cases. 80(2), 1–8.

Brunton, L. 2011. Goodman & Gilman’s The Pharmacological Basic of Therapeutics. MC Graw Hill.

Diah Handayani,et.al. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. Vol 40. No. 2, April 2020. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia.

Dziuban, C, Graham, C, Moskal, P, Norberg, A, & Sicilia, N. (2018). Blended Learning The New Normal and Emerging Technologies. Int. J. Educ. Technol Higher Educ, Vol 15, No 3, Hlm 1-16.

Elkin, Graham. (2008). “Strategy and the internationalisation of universities†dalam International Journal of Educational Management Vol. 22 No. 3, 2008 pp. 239-250

Masson, A., MacNeill, Ã., Murphy, C., & Ross, V. (2008). The Hybrid Learning Model – A Framework for Teaching and Learning Practice. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET, 3(1), 12–17.

Nasajpour, M., Pouriyeh, S., Parizi, R.M., Dorodchi, M., Valero, M., & Arabnia, H.R. (2020). Internet of Things for current COVID-19 and future pandemics: An exploratory study. Journal of Healthcare Informatics Research, 1–40.

Norberg, A. (2017). From blended learning to learning onlife- ICTs, time and access in higher education. Norberg, A., Dziuban, C., & Moskal, P. (2011). A time-based blended learning model. On the Horizon, 19(3), 207–216.

Prihatmoko,D.(2016). PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) DALAM PEMBELAJARAN DI UNISNU JEPARA. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer,7(2), 567. https://doi.org/10.24176/simet .v7i2.769

R. Komalasari TEMATIK – jurnal teknologi informasi dan komunikasi (1), 38-50, 2020

Shah, Sanjeev Kumar., Shrestha, S., Maharjan PL., Karki K., Upadhayay A., Subedi S., Gurung M. Knowledge and Practice of Genital of Genital Health and Hygiene among Adolescent Girls of Lalitpur Metropolitan City, Nepal. Public Heal Res. 2019;7(4)

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13