Analisa SWOT sebagai Strategi Pemasaran untuk Produk Air Minum dalam Kemasan (Amdk) PT. Prisma Pusaka Artha Raya

Authors

  • Fian Ramadhoni Syafie Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • M. Subagio Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

PT Prisma Pusaka Artha Raya (PPAR) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang water and power, didirakan pada tanggal 17 April 2002. Mengawali bisnis sebagai konsultan keuangan dan manajemen perusahaan memperluas sektor usaha kedalam bidang pembangkit listrik dan pengolahan air bersih pada tahun 2013, seiring berjalannya waktu perusahaan memperluas kembali kegiatan sektor usahanya sehingga pada tahun 2021 mengeluarkan produk AMDK dengan merk zayan. Pada implementasi penjualan zayan tidak pernah mencapai target penjualan, sehingga perusahaan mengalami kerugian. Oleh karena itu, dibuatkanlah perumusan strategi pemasaran yang tepat untuk penjualan produk AMDK tersebut. Penelitian menggunakan analisa SWOT dengan mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta mempertimbangkan faktor eksternal (peluang dan ancaman) di bisnis AMDK. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara dan observasi serta data-data lainnya yang dimiliki persahaan. Berdasarkan hasil Analisa SWOT, bahwa strategi yang sesuai adalah strategi penjualan yang mengoptimalkan  kekuatan  internal  serta pemanfaatan  jaringan  group  perusahaan  dengan  melakukan penjualan yang masiv kepada group-group perusahaan untuk meningkatkan brand image sebelum dilakukan penjualan kepada pihak eksternal.

Kata Kunci:  Strategi Pemasaran, AMDK, Analisis SWOT

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran . Bandung: CV. PUSTAKA SETIA Bachdar, S. (2015, auguts 4). Industri Air Minum di Indonesia Tak Pernah Paceklik. Diambil kembali dari marketeers.com:http://marketeers.com/article/industri-air-minum-di-indonesia- takpernah- paceklik.html

Kurniawan, Y. (2011 , October 19). TEKNIK ANALISIS SWOT. Diambil kembali dari yimmykurniawan.wordpress.com: https://yimmykurniawan.wordpress.com/2011/10/19/teknik-analisis-swot

Philip Kotler, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, 143-150.

Rangkuti, F. (2002). Creating Effective Marketing Plan. Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, F. (2014). ANALISIS SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13