Analisis Konsep dan Strategi Pemasaran terhadap Penutupan Gerai 7-Eleven di Indonesia

Authors

  • Gita Wisnuwardhana Universitas Dirgantara Marsekal Suryadharma

Abstract

Dalam era globalisasi, dimana tingkat persaingan bisnis yang sangat tajam, maka setiap perusahaan harus memperhatikan salah satu aspek yang sangat vital dalam manajemen perusahaan yaitu bidang pemasaran.  Dengan menggunakan konsep dan strategi pemasaran dalam menjalankan kegiatan bisnis, diharapkan perusahaan dapat menghadapi persaingan sekaligus dapat meraih keberhasilan bisnis bagi bagi perusahaan bersangkutan.   Penutupan seluruh gerai bisnis 7-Eleven di Indonesia merupakan bukti persaingan bisnis ritel di dalam negeri sangat ketat.  Meski dasar bisnisnya merupakan ritel modern, 7-Eleven lebih banyak mengadopsi model bisnis restoran yang dinilai menjadi penyebab 7-Eleven tidak mampu bertahan pada persaingan ritel di Indonesia.   Faktor lain yang membuat 7-Eleven bangkrut adalah mengandalkan keuntungan dari barang yang diperdagangkan, padahal  bisnis ritel lain mengambil keuntungan dari biaya yang dikenakan kepada perusahaan yang menitipkan produknya.

Kata Kunci:  Konsep, Strategi Pemasaran, Penutupan Gerai 7-Eleven

References

Dr. H. Muhammad Yusuf Saleh, S.E., M.Si., Dr. Miah Said, S.E., M.Si., (2019), Konsep dan Strategi Pemasaran, CV. Sah Media, Makassar.

Kasmir & Jakfar, (2011), Studi Kelayakan Bisnis, Kencana, Jakarta, h.179

Husein Umar, (2000), Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, h.17.

Bambang Riyanto, (2010), Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta, h.18.

Pradono Tri Pamungkas, (2019), Pengaruh Modal, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Promosi terhadap Pemberdayaan UMKM, Semarang.

Kasmir, (2014), Kewirausahaan,Raja Grafindo Persada, Jakarta, h.95.

Flo K. Sapto W., (2019), Manajemen Buka Tutup Sevel, Bekasi, Jawa Barat.

Idris Rusadi Putra, (2017), Menguak Fakta Terbaru Soal Tutupnya Gerai 7-Eleven di Indonesia, Suara Merdeka, Jakarta.

Tommy Kurnia, (2018), Sevel Tutup Pelanggan Beli 1 Produk Nongkrong 3 Jam, Artikel, Jakarta.

Jurnal Enterpreneur, (2017), 4 Penyebab Tutupnya Bisnis 7-Eleven di Indonesia, Midplaza 2 Lt. 4, Jakarta.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13