Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Etika Auditor terhadap kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah

Authors

  • Gusti Gede Made Dwita Putra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi, independensi, dan etika auditor terhadap kualitas audit aparat inspektorat berdasarkan studi literatur melalui review pada penelitian terdah. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi masukan pada aparat pengawa internal pemerintah, terkait variabel yang dapat mempengaruhi kualitas audit dan dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif degan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data yang berasal dari berbagai dokumen dengan teknik pengumpualn data melalui observasi pada buku dan jurnal.

Kata kunci: Kompetensi, Independensi, Etika Auditor, Kualitas Audit

References

Agoes, S. (2012). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publi. Edisi 4Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Arens, A., Mark S. Beasley, Randal J. Elder and Amir Abadi Jusuf. (2011). Auditing and Assurance Service: An Integrated Approach. Ed.12. Jakarta: Salemba Empat.

Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesian (2014). Kode Etik Auditor Intern Pemerintah Indonesia (KE-AIPI) A. https://kemenpppa.go.id

Bonfilio, A. A. (2021). Pengaruh Independensi, Kompetensi, dan Etika Auditor terhadap Kualitas Audit pada KAP di Indonesia/Augurius Alfons Bonfilio/33170302/Pembimbing: Leonard Pangaribuan.

Budiartha, I. K. (2017). Analisis Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Etik pada Kualitas Audit Di Perwakilan Badan pengawasan Keuangan Pembangunan.

DeAngelo, Linda. E. (1981). Auditor Size and Auditor Quality. Journal of Accounting and Economics, 3,00.183- 189.

Halim, Abdul. (2015). Auditing: Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Jilid 1, Edisi Ke-5. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Herawati, T., & Selfia, S. S. (2019). Tinjauan indikator kualitas audit. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 122-126.

Kurnia, dkk. 2014. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Tekanan Anggaran Waktu, danEtikaAuditor terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi, UniversitasTrisakti.

Lauw Tjun Tjun, Elyzabet Indrawati Marpaung, dan Santy Setiawan, (2012) Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit, Jurnal Akuntansi, Vol. 4, No. 1 Mei.

Mulyadi. (2011). Auditing. (Buku 1 Edisi ke 6). Jakarta: Salemba Empat

Mulyadi. (2014). Auditing. Edisi keenam. Jakarta: Salemba Empat

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara: PER/05/M.PAN/03/2008tentangStandar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.

Syah, R. A., Rotinsulu, T. O., & Rotinsulu, D. C. (2021). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Integritas, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Pengawas Intern Pemerintah (Apip) Inspektorat Kota Bitung Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus Inspektorat) Kota Bitung. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(1), 84-101.

Undang-Undang No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Widiya, W., & Syofyan, E. (2020). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(4), 3737-3754.

Wiwit. (2014). Pengaruh Keahlian, Independensi, Pengalaman Audit dan Etika terhadapKualitasAuditor pada Inspektorat Provinsi kepulauan Riau. Jurnal Ekonomi,

Wooten, T.G. 2003. It is Impossible to KnowThe Number of Poor-Quality Audits that simply go undetected and unpublicized. The CPA Journal. Januari. p. 48- 51

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13