STUDI KASUS : Celebrity Endorsement Pada Produk Scarlett Whitening

Authors

  • Hari Budi Utomo Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Persaingan antara produk kecantikan di Indonesia semakin marak. Para produsen produk kecantikan di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan produk yang berkualitas dan digemari masyarakat. Selain itu mulai banyak perusahaan yang melihat dan menggunakan kredibilitas Selebriti endorser untuk mengiklankan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kredibilitas selebriti pada produk scarelett whitening. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan  dengan wawancara,  observasi dan  studi  dokumen.  Partisipan  penelitian  berjumlah  3   orang   perempuan   yang   bersedia menjadi partisipan penelitian. Hasil penelitian yang dapat diambil dari penelitian ini, bahwa penggunaan selebriti endorser dapat meningkatkan respon audience terhadap produk yang di iklankan.  produk  scarlett  whitening  memperoleh   nilai   rata-rata   kategori   baik.   Untuk penilaian konsumen tentang minat beli produk scarlett whitening secara umum masuk dalam kategori cukup minat dengan nilai tertinggi pada indikator transaksional terutama pada faktor kegunaan  produk  merawat  dan  memutihkan  kulit  wajah,   sedangkan   indikator   terendah terdapat pada indikator minat eksploratif artinya konsumen akan cenderung mencoba secara langsung produk scarlett whitening dibandingkan mencari informasi tentang sifat-sifat positif mengenai celebrity endorsement terhadap minat beli produk scarlett whitening.

Kata Kunci:  Celebrity Endorsement, Konsumen, Scarlett Whitening

References

Duwila, Zulkifli Et Al. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awareness Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado The Influence Of Celebrity Endorsment, Brand Awareness And Lifestyle On Purchase Decisions For Scarlett Whitening Products In M.†Z. Duwila., A. Supandi., I. Ogi 269 Jurnal EMBA 10(1): 269–78. Herdiansyah, Haris. Wawancara,

Observasi, Dan Focus Groups (sebagai instrumen penggalian data kualitatif), Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.

John W. Creswell, And J. David Creswell. 2015. “Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches 5th Edition, Kindle Edition.â€

Mubarok, D. A. A. 2016. “Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore Stie Inaba Bandung). Jurnal Indonesia Membangun,.†15(3), 61-76.

Ragil, And Annisa. 2022. “Pengaruh Public Figure Sebagai Selebrity Endorser Terhadap Brand Image Vitazone Di Surabaya Universitas Pembangunan Nasional †Veteran â€.

Rakhmat, Jalaluddin.2011.Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.No.40.Hlm.224.

Superwiratni, Superwiratni. 2018. “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Menginap Di Cottage Daarul Jannah.†THE Journal : Tourism And Hospitality Essentials Journal 8(2): 99.

Yin, Robert K, Studi Kasus Desain & Metode, Rajawali Pers, Jakarta, 2014.

Yin, Robert K, Studi Kasus Desain & Metode, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013.

Yin, Robert K, Studi Kasus: Desain & Metode, M.Djauzi Mudjakir (penerjemah), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2003.

Yin, Robert K, Case Study Research Design dan Method, COSMOS Corporation, 1989.

https://compas.co.id/article/penjualan- produk-kecantikan/ (diakses pada tanggal 15 april 2023)

https://compas.co.id/prod- backup/article/top-5-brand- perawatan-wajah/(diakses pada tanggal 15 april 2023)

https://kumparan.com/berita- terkini/manfaat-dan-harga- serum-scarlett-termurah-

yIHz4JcL5Q/full (diakses pada tanggal 15 april 2023)

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13