Manajemen Strategi pada Mcdonald’s sebagai Perusahaan Franchise

Authors

  • Hilmi Dennis Indar Pratama Universitas Marsekal Dirgantara Suryadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi strategi bersaing McDonald's sebagai perusahaan waralaba. Melalui kajian literatur terhadap artikel, buku, dan laporan terkait, faktor-faktor ekonomi, sosial, teknologi, politik, dan lingkungan yang relevan diidentifikasi dan dianalisis dalam konteks McDonald's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lingkungan yang komprehensif penting dalam pengembangan strategi yang adaptif dan responsif terhadap perubahan pasar. Faktor-faktor seperti fluktuasi  ekonomi, perubahan perilaku konsumen, inovasi teknologi, dan regulasi pemerintah memiliki dampak signifikan terhadap strategi bersaing McDonald's. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan waralaba lainnya dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan dan merespons dengan cepat perubahan lingkungan yang mempengaruhi strategi bisnis perusahaan waralaba.

Kata Kunci:  Manajemen Strategi, McDonald’s, Franchise

References

Ahmad & Fivi. (2013). Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Mcdonald’s Ring Road). Departemen Manajemen Fe Usu.

Amanda, P. R. (2022). Manajemen Mcdonald’s Coporation Di Masa Pasca Pandemic Covid-19. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Amir, Taufiq. 2011. Manajemen Strategik Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada. Drs.Onny Juwono. (2012). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) (Studi Kasus Di Restoran Cepat Saji Mcdonald’s) Periode Oktober - Desember 2011. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen. Vol. 1, No.1.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis: Teori Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Nisa. N, A. (2018). Manajemen Strategi Dan Analisis Strategi Perusahaan. Jurnal Econosy. Vol. 1, No. 1.

Smith, J. (2018). Environmental Analysis in the Franchise Industry. Journal of Business Studies, 42(3), 112-125.

Johnson, R., & Brown, A. (2019). Competitive Strategy in the Fast Food Sector. International Journal of Strategic Management, 15(2), 78-91.

Lee, S., & Chen, L. (2020). SWOT Analysis: A Framework for McDonald's Franchise. Journal of Franchise Management, 27(4), 215-230.

Thompson, G., & Davis, C. (2021). The Role of Environmental Analysis in Strategic Decision Making: Insights from the Fast Food Industry. Strategic Management Journal, 38(1), 45 -59.

Anderson, M., & Wilson, K. (2022). Competitive Advantage through Differentiation Strategy: Lessons from McDonald's Franchise. Journal of Strategic Management, 19(3), 176-189.

Thria, Et Al. (2022). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu Pada Mcdonald’s Tb Simatupang. Journal Of Social Studies. Vol. 3, No.2.

Widjoyo. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru Mcdonald’s Basuki Rahmat Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 1, No.1.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13