Strategic Human Resource Planning and Staffing Pada PT. GMF Aeroasia (Wheel, Brake and Landing Gear Shop)

Authors

  • Ikmal Hermawan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Perencanaan dan kepegawaian terhadap sumber daya manusia pada sebuah perusahaan adalah  sebuah    titik    vital    dalam    menjalankan kegiatan perusahaan baik perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur. Perencanaan strategik digunakan untuk mendukung proses perencanaan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, penulis melihat bahwa perencanaan kepegawaian sumber daya manusia merupakan suatu   hal   yang   menarik   untuk   dianalisis.   Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah menganalisis strategic human resource planning and staffing pada PT. GMF Aeroasia pada Dinas TC (Component) Wheel, brake and Landing Gear Shop. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali informasi secara mendalam melalui proses wawancara dengan menggunakan kerangka berpikir yang dibangun oleh penulis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan PT. GMF Aeroasia telah memiliki perencanaan sumber daya manusia yang didukung oleh 3 dari 5 strategi perencanaan sumber daya manusia yang ada yaitu strategi resturkturisasi, strategi rekrutmen, dan strategi pelatihan dan pengembangan. Strategi perencanaan itu membantu perusahaan dalam mempertahankan produksi dan sumber daya manusianya.

Kata kunci: Sumber daya manusia, Perencanaan sumber daya manusia, Strategic human resource planning and staffing.

References

Esterberg. (2002). Qualitative Methods in Social Research. New York: McGraw Hill. Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen (Edisi 3). Jakarta Salemba Empat

Parks Janet B., Zanger Beverly R. K., & Quarterman Jerome. (2007). Contemporary sport management third edition. USA: Human Kinetics.

Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2012).Management, Eleventh Edition (United States of America: Pearson Education Limited).

Rowley, C. (2003). The management of people. UK: Biddles Sandjaja, B. dan Heriyanto, A. (2006). Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sastradipoera, K. (2006). Pengembangan dan Pelatihan: Suatu Pendekatan

Menejemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Kappa-Sigma

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ulferts, G., Wirtz, P., Peterson, E. (2009). Strategic Human Resource Planning in Academia. USA. American Journal of Business Education; Oct 2009 Vol. 2 No. 7 Retrieved September 1, 2013, from ABI/INFORM Global (Proquest) database.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13