Strategi Pemasaran Pada Promosi Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas” Melalui Media Online

Authors

  • Khaliq Subagio Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Sri Yanthy Yosepha Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motif Palari Films memanfaatkan media online dalam mempromosikan film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas†(2)Untuk mengetahui strategi Palari Films dalam memasarkan film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas†. Penelitian ini dilakukan di Kota Jakarta Selatan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa motif dalam memanfaatkan media online dalam mempromosikan film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas†(1) sebagai media promosi yang menjangkau calon penonton 21+ (2) Respon atau saran yang didapatkan dari pengguna media online lebih cepat (3) media online sebagai sarana terkini dalam mempromosikan “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntasâ€. Beragam strategi yang diterapkan Palari Film dalam promosi film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntasâ€, yaitu pemanfaatan Youtube , , Tiktok, Instagram, serta melalui media berita online ataupun melalui forum komunitas

Kata kunci: Media Online , Strategi Promosi, Film “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntasâ€

References

Hersinta & Suwana, Fiona. 2012. ‘Komunikasi WOM dan Aspek Konversasional Dalam Retweet Mengenai Film Harry Potter dan The Deathly Hallows: Part 2’. Exposure: Journal of Advanced Communication. Vol.1/Februari: 297. https://books.google.co.id/books?id =1e0e3h0ajNQC (diakses tanggal 14 Juni 2023 pukul 20.14 wib)

Nurgiyantoro, Singgih. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Yogyakarta

Nazir, M. (1988). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Panuju, Redi. (2019). Komunikasi Pemasaran, Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi Sebagai Strategi Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana

Perman, T, A, & Lilis Puspitasari. (2015). Strategi Pemasaran public Relations MD Intertainment pada Pemasaran Film Habibie & Ainun. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 3, No. 1.

Schultz, Don E, dkk. 1993. Integrated Marketing Communication. Lincolnwood, III., USA: NTC Bussiness Books.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Whitney, F. (1960). The elements of research (Asian Edition). Osaka: Overseas Book Co

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13