Strategic Human Resource Planning and Staffing Dengan Studi Kasus PT ILMCI

Authors

  • Lala Lailatunnajah Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan sumber daya manusia (SDM) yang strategis dan kepegawaian yang ada di PT. ILMCI, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang edutech (education technology) yang sedang berkembang cukup pesat. Fokus penelitian ini adalah pada bagaimana perusahaan mengidentifikasi kebutuhan SDM yang tepat, mengembangkan strategi pengangkatan staf yang efektif, menyelaraskan antara SDM dengan visi misi yang dimiliki oleh perusahaan serta mengintegrasikan perencanaan SDM dengan tujuan bisnis jangka panjang perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus tunggal. Di mana data dikumpulkan melalui observasi internal perusahaan. Hasil observasi menunjukkan bahwa PT. ILMCI memiliki pendekatan yang proaktif dalam perencanaan SDM dan pengangkatan staf. Penelitian ini mengungkapkan bahwa PT. ILMCI secara aktif mengidentifikasi kebutuhan SDM berdasarkan pada analisis pasar tenaga kerja, proyeksi pertumbuhan perusahaan, dan juga pada perencanaan strategi bisnis jangka panjang. Perusahaan juga menggunakan pendekatan yang terintegrasi dalam proses pengangkatan staf, dengan menggabungkan metode yang beragam seperti perekrutan internal, rekrutmen eksternal, dan strategi pengembangan karyawan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa PT. ILMCI menerapkan evaluasi kinerja yang berkelanjutan dan program pengembangan karyawan untuk memastikan penempatan staf yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia yang kompeten, termotivasi, dan berdaya saing tinggi. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya perencanaan SDM yang strategis dan pengangkatan staf yang efektif dalam mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Kata Kunci:  Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pengangkatan Staf, Strategic Human Resource Planning, PT. ILMCI, Edutech.

References

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta. Azmi,T.F. 2019. Strategic human resource management: text and cases. India: Cambridge University Press.

Garaika. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Irianto. “Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik di Indonesia: Pengantar Pengembangan Model MSDM Sektor Publik.†Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik 24, no. 4 (2011): 281-291.

Putra, Wisma. “Rintisan Teknologi Pendidikan Menjamur di Tengah Pandemi Covid 19†www.detikcom.com. Diakses pada Kamis 18 Mei 2023. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5820417/rintisan-teknologi-pendidikan- menjamur-di-tengah-pandemi-covid-19.

Thohir, Gabriella. “Evaluasi Bisnis EduTech Solusi Pendidikan Inklusif di Indonesiaâ€, Kompas.com Diakses pada Kamis 18 Mei 2023. https://money.kompas.com/read/2022/01/02/093400426/evaluasi-bisnis-edutech- solusi-pendidikan-inklusif-di-indonesia? page=all

Nabila, Dela. “Peluanga Besar, Ini Perkembangan Bisnis Education Technology di Indonesia†Parapuan.co. Diakses pada Kamis 18 Mei 2023. https://www.parapuan.co/read/533267374/peluangnya-besar-ini-perkembangan- bisnis-education-technology-di-indonesia? page=all.

Seprila, Mayang. “Apa itu Edutech? Pengertian, Manfaat dan Prakteknyaâ€. Sevima.com. Diakses pada Minggu 21 Mei 2023. https://sevima.com/apa-itu- edutech/

Saepulloh, Rahmat. “Startup Edutech Makin Menjamur Selama Pandemi Covid-19â€. Wartaekonomi.co.id. Diakses pada Minggu 21 Mei 2023. https://wartaekonomi.co.id/read375631/startup-edutech-makin-menjamur-selama- pandemi-covid-19

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13