Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel: Literatur Review

Authors

  • Lu’ailik Lu’ailik Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Hotel merupakan elemen industri pariwisata dan berperan sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada turis lokal maupun asing. Kepuasan pelanggan terhadap hotel dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan. Pelayanan hotel merupakan hal penting karena kenyamanan dan kepuasan pengunjung atau tamu hotel juga tidak lepas dari kualitas pelayanan ini. Semakin bagus suatu pelayanan hotel maka tentu akan membuat pengunjung hotel merasa betah dan nyaman untuk kembali lagi ke hotel tersebut. Setiap hotel pasti memiliki tujuan untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan agar turis yang pernah singgah akan menjadi pelanggan setia, dan bisa merekomendasikan pengalamannya kepada calon pelanggan yang akan datang.   Kualitas pelayanan merupakan pelayanan yang berorientasi pada  kepuasan pelanggan hotel, sehingga petugas hotel harus memberikan pelayanan yang optimal. Pengalaman pelanggan dengan layanan yang diberikan mempengaruhi pilihan hotel yang akan dituju untuk penginapan mereka. Kepuasan pelanggan terhadap layanan petugas hotel menjadi evaluasi manajemen hotel dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel X. Penelitian ini menggunakan tinjauan kepustakaan (literature review) dari beberapa hasil penelitian sebelumnya. Sumber pencarian jurnal melalui google scholar dalam kurun waktu  2010–2021. Hasil  penelitian menunjukan bahwa kualitas  pelayanan diukur dengan menggunakan 5 indikator yaitu a) Bukti Fisik (Tangibles),   b. Keandalan (Realibility), c) Daya Tanggap (Responsivnes), d) Jaminan (Assurance), dan e) Empati (Emphaty).   Studi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan di hotel.

Kata Kunci:  Kualitas Pelayanan, Penelitian Kepustakaan, Kepuasan Pelanggan

References

Kandampully, J. (2002). Service Management: The New Paradigm In Hospitality. Australia: Hospitality Press.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Maskuri Sutomo, (2010). Kepuasan Pelanggan Menginap Pada Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta (Survey Pelanggan Pada Hotel Bintang Tiga, Empat dan Lima di Daerah Istimewa Yogyakarta), Journal.Upi.Edu>Article.

Afrizawati, (2012). Anaisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Arista Palembang, Journal Article/Orasi Bisnis. I Wayan Widya

Suryadharma, I Ketut Nurcahya, (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Pesona Di Denpasar Timur, E-Jurnal Manajemen Unud. Vol.4, No4, 2015:930-942)

Sartika Moha, Sjendry Loindong, (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado, ISSN 2303-1174. Jurnal Emba. Vol4 No. 1 hal 576-584.

Ika Devi Widyaningrum, (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat, Jurnal Indo.

Dame Afrian Sihombing, Hellen, (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Menginap di Chain Hotel. Jurnal Pariwisata dan Budaya.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13