Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia di Satuan Tempur Sergap TNI AU Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar

Authors

  • M. Taufiq Ismail Pulungan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Sumber daya manusia merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi sebab menjadi ujung tombak dari segala macam objek yang dimilikinya. Untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, maka diperlukan strategi yang baik pula agar sumber daya manusia mampu menjalankan tugas dengan kompetensi, kualitas, integritas dan hasil yang memuaskan. Tugas ini menjabarkan terkait strategi sumber daya manusia di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas ini adalah metode tinjauan pustaka sebagai ringkasan tertulis mengenai artikel dari jurnal, buku dan dokumen lain yang mendeskripsikan kondisi serta informasi baik masa lalu maupun saat ini. Analisa menunjukkan jika terdapat 2 strategi untuk mengelola sumber daya manusia di Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar yaitu pertama melalui pelatihan yang meliputi (1)Pelatihan Taktis Antar Satuan, (2)Mission Oriented Training (MOT), (3)Crew Resource Management Trainee (CRMT), (4) Counter Sea Tactics Course Trainee (CSTCT) dan (5)Pelatihan Petugas Penguji & Pemeriksa (Teknisi) Pesawat Tempur Untuk Uji Tenaga Dan Produksi. Kemudian strategi kedua dengan melakukan bimbingan mental yang meliputi (1) Pendekatan Diagnostik, (2) Menetapkan Sasaran dan (3) Menetapkan Strategi dan Bentuk Perlakuan. Penulis menyimpulkan jika Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar merupakan Skadron Udara dengan kemampuan alutsista termutakhir yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Dengan di dukung oleh 153 tenaga profesional di dalamnya, Skadron ini memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal atas segala sesuatu yang akan dihadapi dalam keadaan dan kondisi apapun.

Kata Kunci:  Strategi, Sumber Daya Manusia, Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar

References

Arfianto, A. (2018). Pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap combat readiness personel skadron udara 15 Wing Udara 3 di Lanud Iswahjudi Madiun. Strategi Pertahanan Udara, 4(2).

Choirunisa, R. (2019). Gangguan Pendengaran Dan Kesehatan Teknisi Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Serta Hubungannya Dengan Tingkat Kebisingan Pesawat. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol, 11, 61-64.

Data Internal Skadron Udara 11 Sultan Hasanuddin Makassar Tahun 2022/2023

KAH, R. D. (2012). Teori Invisible Hand Adam Smith Dalam Perspektif

Ekonomi Islam. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 57-70. Nur, M. S., & Uyun, A. S. (2020). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS: Pengantar metode penelitian sekunder untuk energy terbarukan-bioenergi.

Palan, R. 2007. Competency Management. Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Tenerjemahan Octa Melia Jalal. Penerbit PPM. Jakarta.

Sandy, T. (2021). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Personel Pemeliharaan Di Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 240-249.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13