Sumber Daya Manusia dalam Pembinaan TNI AU sebagai Pilot Militer Transport Skadron Udara 32 Malang

Authors

  • Matheus Banu Leksono Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasarannya, karena sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penentu berhasil atau tidaknya suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Peningkatan moral dan etika yang terhormat bagi prajurit harus diterapkan dalam sikap dan perilaku prajurit dimanapun berada dan bertugas yang merupakan citra positif jati diri TNI Angkatan Udara. Tujuan dari studi ini yakni untuk mengetahui bagaimana sumber daya manusia dalam pembinaan TNI AU sebagai pilot mikiter transport skadron udara 32 Malang. Metode penelitian dalam studi ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil stuudi pembinaan SDM sendiri memiliki makna bagaimana usaha yang dilakukan oleh organisasi, dalam meningkatkan kemampuan kerja karyawannya, baik secara pengetahuan, ketrampilan dan perilaku sehingga dapat menigkatkan kinerja dan pada akhirnya memberikan keuntungan bagi organisasi. Pembinaan dalam TNI AU sebagai pilot transport adalah upaya peningkatan ketahanan wilayah, walaupun tidak bisa dikatakan sebagai satu-satunya faktor yang mendorong meningkatnya ketahanan wilayah Pilot transportasi menerbangkan dukungan militer dan memberikan bantuan kemanusiaan. Tugas TNI AU ialah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi; Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara; Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Kata Kunci:  TNI AU, Pembinaan, Sumber Daya Manusia

References

Hadi, R. I. (2018). Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Studi Kasus Kompetensi Tenaga Pendidik di Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan Kalijati Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Pertahanan TNI AU Tahun 2017). Strategi Pertahanan Udara, 4(3).

Hasibuan, S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: pendekatan non sekuler, . Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Mabes TNI AU, Buku Petunjuk Induk TNI AU Tentang Operasi Udara, Jakarta, September 2004.

Mabes TNI AU, Doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa, Jakarta, 9 April 2007.

Makmur, S. (2014). Tentang Ilmu Pertahanan. Pustaka Obor.

Nawawi, H. (2018). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada.

Purwoko, A., & Affan, N. (2022). 8. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Instruktur Penerbang Lanud Adisutjipto Dalam Penyiapan SDM Operas. TNI Angkatan Udara, 1(4).

RAAF, Fundamental of Australian Aerospace Power Australia, Aerospace Center, August 2002.

RIDHA, M. (2013). PERAN SKADRON PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN SATUAN KERJA (Studi di Skadik 403 Pangkalan TNI AU Adisoemarmo, Solo Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Risdar, F. A. (2022). Strategi Korps Pasukan Khas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara dalam Operasi Penanggulangan Bencana Alam (Studi Kasus Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami di Kepulauan Mentawai Tahun 2010). Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 1(1), 14-24.

Rivai, V. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sembiring, E. K., & Hendra, A. (2018). Analisis kinerja prajurit TNI AU dalam mendukung tugas di Pangkalan Udara TNI AU Soewondo Medan. Strategi Pertahanan Udara, 3(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV

Ulfa, H. M. (2018). Analisis Unsur Manajemen dalam Pengolahan Rekam Medis di Rumah Sakit TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. Kesmars, 1(1), 20-25

Wahyudi, B. &. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Personel di Dinas Perawatan Personel TNI Angkatan Udara. Strategi Pertahanan Udara. 5(1).

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13