Analisis Strategi Pemasaran terhadap Minat Pengunjung pada Hadi Mall Departement Store di Wilayah Indonesia Bagian Timur

Authors

  • Muhammad Anggit Nur Arlimansyah Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Artikel ini berisi tentang penerapan strategi pemasaran oleh hadi mall dalam menghadapi persaingan bisnis  di  bidang  Departement Store  terhadap minat pengunjung yang  berada di  wilayah Indonesia bagian timur. Karena yang terjadi dalam perkembangan usaha di masa sekarang ini yaitu terjadinya  peningkatan  jumlah  usaha  yang  menjual  produk  dengan  jenis  yang  sama  mengalami persaingan usaha yang semakin ketat dimana suatu perusahaan harus dapat melihat peluang bisnis dengan cermat di suatu wilayah yang kurang daya saingnya. Maka untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat tersebut perusahaan dituntut untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan. agar usaha yang didirikannya dapat berkembang dengan baik. Dalam artikel ini jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian literatur, sudut pandang penulis dan juga data-data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan beberapa informan sebelumnya guna untuk mengetahui strategi apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis D e p a r te m e n t  S to r e  terhadap minat pengunjung yang berada di wilayah Indonesia bagian timur saat ini, yang  pada  akhirnya  pemeriksaan keabsahan  data  yang  digunakan  adalah  triangulasi  dan  bahasan referensi

Keywords:  Pemasaran, Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran, Departement Store

References

David, F.R. (2009). Manajemen Strategi (konsep), Edisi 12. Salemba Empat: Jakarta

Kotler, Philip and Keller, K. Lane. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Oleh

Benyamin Mohan, 2009. PT. Indeks: Tanpa kota.

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid I. PT. INDEKS Kelompok

Gramedia: Jakarta

Noerbani, C. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya TarikPengunjungTerhadap Mall Area Galuh Mas. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang, 03, 9-13.

Pitoy, C, V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada PT. Astragraphina, Tbk Manado) Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, 16, 302-312.

Rambe, D, N, S., & Nawawi, Z, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol 1, 90-95.

Siagian, S.P. (2005). Manajemen Strategik. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Stoner, James. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks: Jakarta. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung. Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Wahayu, T, S, B., Agfara, A., Alhazami, L., & Hadi, A. (2022). Analisis Strategi Viral Marketing Terhadap Minat Pengunjung Selama New Normal di Mall Tentrem Semarang. Jurnal Bisnisman Riset Bisnis dan Manajemen STIE Media Nusantara Citra Jakarta, Vol 3, 15-27.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13