Analisis Strategi Pemasaran terhadap Minat Pengunjung pada Hadi Mall Departement Store di Wilayah Indonesia Bagian Timur
Abstract
Artikel ini berisi tentang penerapan strategi pemasaran oleh hadi mall dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang Departement Store terhadap minat pengunjung yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Karena yang terjadi dalam perkembangan usaha di masa sekarang ini yaitu terjadinya peningkatan jumlah usaha yang menjual produk dengan jenis yang sama mengalami persaingan usaha yang semakin ketat dimana suatu perusahaan harus dapat melihat peluang bisnis dengan cermat di suatu wilayah yang kurang daya saingnya. Maka untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat tersebut perusahaan dituntut untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan. agar usaha yang didirikannya dapat berkembang dengan baik. Dalam artikel ini jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan kajian literatur, sudut pandang penulis dan juga data-data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan beberapa informan sebelumnya guna untuk mengetahui strategi apa saja yang harus dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis D e p a r te m e n t S to r e terhadap minat pengunjung yang berada di wilayah Indonesia bagian timur saat ini, yang pada akhirnya pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan bahasan referensi
Keywords: Pemasaran, Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran, Departement StoreReferences
David, F.R. (2009). Manajemen Strategi (konsep), Edisi 12. Salemba Empat: Jakarta
Kotler, Philip and Keller, K. Lane. (2006). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Oleh
Benyamin Mohan, 2009. PT. Indeks: Tanpa kota.
Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid I. PT. INDEKS Kelompok
Gramedia: Jakarta
Noerbani, C. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya TarikPengunjungTerhadap Mall Area Galuh Mas. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang, 03, 9-13.
Pitoy, C, V., Tumbel, A., & Tielung, M. (2016). Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada PT. Astragraphina, Tbk Manado) Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado, 16, 302-312.
Rambe, D, N, S., & Nawawi, Z, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol 1, 90-95.
Siagian, S.P. (2005). Manajemen Strategik. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Stoner, James. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks: Jakarta. Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung. Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Wahayu, T, S, B., Agfara, A., Alhazami, L., & Hadi, A. (2022). Analisis Strategi Viral Marketing Terhadap Minat Pengunjung Selama New Normal di Mall Tentrem Semarang. Jurnal Bisnisman Riset Bisnis dan Manajemen STIE Media Nusantara Citra Jakarta, Vol 3, 15-27.
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.