STUDI KASUS: Analisis Personal Branding Fadil Jaidi di Media Sosial (Konten Instagram, Tik Tok, dan Youtub)

Authors

  • Qori Hanifah Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Personal branding merupakan suatu hal yang sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiapindividu. Personal branding diperlukan oleh seorang Pembuat Konten agar lebih mudah dikenaloleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding dari Fadil Jaidi dimedia sosial Instagram, Tik Tok, dan Youtube serta perbedaannya dan menganalisis kesesuaian kriteria personal branding dari Fadil Jaidi dengan teori dari Rampersad. Penelitian ini menggunakan pendekatan   kualitatif.Teknik   pengumpulan   data pada penelitian   ini    adalah    analisis isi, wawancara     mendalam     dan     studi     kepustakaan. Selain itu, pemeriksaan  keabsahan  data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari     penelitian     ini     menunjukkan    bahwa Fadil     Jaidi memiliki   personal   branding   yaitu   jahil   dan   ia   memiliki   kriteria   personal   branding   yang   berbeda- beda   di   setiap   media   sosialnya,   akan   tetapi   platform   paling   kompleks   yang   digunakannya   adalah Instagram.   Selanjutnya,   Fadil    Jaidi    dalam    membangun   authentic    personal    branding    sesuai  dengan yaitu,  (1) Keotentikan,  (2)  Integritas, (3)  Konsistensi,  (4)  Spesialisasi, (5) Otoritas,  (6) Keistimewaan, (7) Relevan, (8) Visibilitas, (9) Kegigihan, (10) Kebaikan dan (11) Kinerja.

Kata Kunci: Citra Diri, Hubungan Masyarakat, Kriteria Personal Branding, Pembuat Konten

References

Analisa.io. Hasil Analisis insight dan egangement rate Tik Tok @fadiljaidi Diakses pada 22 Desember 2022, dari https://analisa.io/profile- tiktok/fadiljaidi

Analisa.io. Hasil Analisis Instagram @fadiljaidi. Diakses pada 27 Desember 2022, dari https://analisa.io/profile/fadiljaidi #

Asur, S. & Huberman, B.A. (2010) Predicting the Future with Social Media. In: 2010

IEEE/WIC/ACM International Conference on Web Intelligence and Intelligent Agent Technology. [Online]. August 2010 IEEE. pp. 492–499. Available from: doi:10.1109/WI- IAT.2010.63.

Chaffey, D. & Ellis-Chadwick, F. (2019) Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. 7th edition. New York, Pearson.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. (2011) The SAGE Handbook of Qualitative Research. 4th edition. Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (eds.). Sage Publications.

Fill (2013) CIM Coursebook Marketing Communications 07/08. [Online]. Routledge. Available from:doi:10.4324/9780080561103.

Hootsuite (2019) MOST ACTIVE SOCIAL MEDIA PLATFORMS. 2019. Hootsuite.

M Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Tik Tok Fadil Jaidi. Diakses selama bulan Desember 2022, dari https://www.tiktok.com/@fadiljai di?lang=id-ID

We Are Social. Hasil Analisis Penggunaan Internet dan Media Sosial Tahun 2022 (We Are Social). Diakses pada tanggal 05 Juni 2022, dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social- indonesian-digital-report-2022/

Youtube Fadil Jaidi. Diakses selama bulan Maret – Juni 2022, dari https://www.youtube.com/channe l/UCbcqLlPfZ5GTc-mNLkYTz1g

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13