Strategi Digital Pemasaran UMKM dan Dampaknya pada Keunggulan Bersaing di Indonesia

Authors

  • R. Chaindra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Di saat ekonomi global dan ekonomi Indonesia sedang terpuruk, resesi tidak sedikit pun berdampak negatif bagi pengusaha UMKM, bahkan sebagian besar pengusaha UMKM masih mampu mengembangkan usahanya untuk menopang perekonomian negara. Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan anggaran promosi yang terbatas. Penggunaan media sosial seperti Facebook,  Twitter,  Instagram,  dan website merupakan alternatif yang  dapat  digunakan  untuk  menciptakan  brand  awareness,  engagement,  sales  bahkan  loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan  strategi pemasaran digital pada. Metode penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada UMKM dan implikasinya pada daya saing UMKM tersebut berdasarkan persepsi konsumen, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kausalitas dan menggunakan metode kuantitatif. Munculnya media sosial tidak diragukan lagi merupakan peluang yang sangat positif bagi bisnis usaha kecil dan menengah, terutama karena mereka tidak membutuhkan sumber daya yang besar tahu cara menggunakan media sosial dan berbagai manfaat yang ditawarkannya dapat diperoleh jika tahu cara menggunakannya secara optimal.

Kata Kunci:  Media Sosial, Digital Pemasaran, UMKM

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2015. Profil Pengguna Internet Indonesia 2014.[Online]. Tersedia pada http://www.apjii.or.id. [Diakses 20 Agustus 2015]

Anggraeni, A.A. 2008. Manajemen Keyword: Strategi Pemasaran Online Menggunakan SearchEngine. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 6(2). 60-69.

Bajpai, V., Pandey, S., Shriwas, S. 2012. Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research. 1(7). 214-223.

Bulearca, M., dan Bulearca, S. 2010. Twitter: A Viable Marketing Tool for SME? Global Businessand Management Research. 2(4), 296-309

Buyer, L. 2015. 7 Buzzfeed Signs The Social Media Revolution is Just Getting Started. [Online].

Delloitte Access Economics. 2014. UMKM Pemicu Kemajuan Indonesia: Instrumen PertumbuhanNusantara. Delloitte Access Economics. Sydney.

Fajar, M.N. 2013. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Daya Saing KUMKM. Materi Workshop Microsoft Tech Days. Jakarta.

Gangeshwer, D.K. 2013. E-Commerce or Internet Marketing: A Business Review from Indian Context. International Journal of U- and E-Service, Science and Technology. 6(6). 187-194.

Hadiyati, E. (2008), “Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal ManajemenGajayana. 5(1). 5-20.

Jauhari, J. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Memanfaatkan e-Commerce. Jurnal Sistem Informasi. 2(1). 159-168.

Juju, Dominikus, Sulianta. 2010. Branding Promotion with Social Network. Jakarta: Elex

Media. Maharani, M., Ali, A.H.N., dan Astuti, H.M. 2012. Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik POMITS. 1(1). 1- 6.

McCann, M., & Barlow, A. 2015. Use and Measurement of Social Media for SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development. 22(2). 273 – 287.

Mohammed, R.A., Fisher, R.J., Jaworski, B.J., Paddison, G.J. 2003. Internet Marketing: BuildingAdvantage in A Networked Economy. New York : McGraw Hill,Inc.

Kautsarina. (2013), "Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial", Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 17(2). 135-148.

Nugrahani, D.S. (2011), "E-Commerce Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah", SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1(1). 1-16.

Rahmana, A. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Keunggulan bersaing UsahaKecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. B11-B15.

Ramadhani, F., dan Arifin, Y. 2013. Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Keunggulan bersaing Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Economics Development Analysis Journal. 2(2). 135-139. Rahadjo, T. 2011. Isu-Isu Teoritis Media Sosial. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosli, M.M. (2012), “Competitive Strategy of Malaysian Small and Medium Enterprises: An Exploratory Investigation. American International Journal of Contemporary Research. 2(1).93-105.

Sanjaya, R., dan Tarigan, J. 2009. Creative Digital Marketing: Teknologi Berbiaya Murah, Inovatif,dan Berdaya Hasil Gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sekaran, Uma. 2010. Reserach Methods for Business. Southern Gate: Wiley and Sons.

Simmons, G., Armstrong, G.A., and Durkin, M.G. 2008. A Conceptualization of the Determinants of Small Business Website Adoption: Setting the Research Agenda. International Small BusinessJournal. 26(3). 351-389.

Siswanto, T. 2013. Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity. 2(1). 80-86.

Stelzner, M. 2012. How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business. Social MediaMarketing Industries. April 2012.

Suryadi, I.G.I. 2014. Penggunaan Sosial Media Dalam Aktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Badung. SOSHUM Jurnal Sosial dan Humaniora. 4(3). 217- 227.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13