Pentingnya Membangun Lingkungan Sumber Daya Manusia yang Strategis di Era Industri 4.0 Dan 5.0

Authors

  • Ricky Suwandi Putra Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Pada saat ini manusia disuguhkan dengan fasilitas teknologi digital yang sangat canggih dengan otomatisasi dalam kesehariannya, seperti robot, kecerdasan buatan, internet of things dan lain sebagainya untuk memudahkan segala aktivitas pekerjaan manusia. Keputusan pembelian merupakan tindakan atau kegiatan individu yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan untuk melakukan suatu produk yang ditawarkan oleh penjual. Dalam membangun lingkungan sumber daya manusia yang strategis di era industri 4.0 dan 5.0, diperlukan pemikiran yang cekatan untuk dapat meningkatkan kreativitas merupakan strategi yang tepat untuk mengembangkan sumber daya manusia yang lebih kompetitif, produktif, dan efektif.

Kata Kunci: Lingkungan Bangunan, Sumber Daya Manusia, Strategis di Era Industri 4.0 dan 5.0

References

Natalia, I and Ellitan, L (2019) Srategiesto Achieve Competitive Advantage in Industrial Revolution 4.0. International Journal of Research Culture Society, 3 (6). pp. 10-16.

Ellitan, L. & Muljani, N. 2019. The Impact Of Knowledge Management, Technology Readiness And External Environment On The Extent Of E-Business Adoption, International Journal Of Research Culture Society, Vol 3 (11), p 63-69.

Ariyanto, D., Wardoyo, P., & Rusdianti, E. (2019). Pengaruh Teamwork Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Sdm Dengan Perceived Organizational Support Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(3), 180-190.

Kasali, R. (2018). Disruption: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mayasari, D. 2019. Mengenal Society 5.0, Transformasi Kehidupan yang Dikembangkan Jepang. Retrieved April 2019, from m.timesindonesia.co.id.

Muljani, Ninuk & Ellitan, Lena., 2019. Developing Competitiveness in Industrial Revolution 4.0., International Journal of Trend in Research and Development, Volume 6(5), p. 1-3

Tjandrawinata, R.R. 2016. Industri 4.0 : Revolusi Industri Abad Ini dan Pengaruhnya pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. MEDICINUS. Vol. 29(1): 31-39

Usman, S. 2019. Digitalisasi, Direktur Astra International: Seluruh Aplikasi akan Nyambung ke Depan,https://www.merdeka.com/teknologi/digitalisasi-direktur-astra-international-seluruh-aplikasi-akan-nyambung-ke-depan.html, diakses pada 26 April 2023 Pukul 16:17 WIT.

Yunda, NR. 2019. Dampak Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Menciptakan Kesempatan Baru bagi Indonesia, https://www.kompasiana.com/nadyarahma/ diakses pada 26 April 2023 Pukul 18:21 WIT.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13