Pengaruh Pengetahuan Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis

Authors

  • Romi Hilmawan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Teknologi informasi (TI) memiliki peranan yang signifikan dalam perkembangan bisnis pada era saat ini. Kemajuan teknologi data telah membawa dampak besar bagi manusia. Perkembangan pesat teknologi data dimulai dari kebutuhan akan akses data yang cepat, akurat, dan terkini. Teknologi data telah menjadi sumber daya penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk perubahan mendasar dalam bidang bisnis dan bentuk manajemen organisasi. Banyak individu melihat peluang bisnis dalam bidang teknologi ini, dengan perdagangan online terus berkembang pesat. Melalui teknologi ini, metode komunikasi, pertukaran data, dan informasi bisnis dapat disediakan untuk memudahkan klien dalam melakukan transaksi jual beli. Pelaku bisnis yang menguasai bidang ini melihat peluang besar di dunia bisnis online. Bisnis online memiliki banyak keunggulan dan keuntungan. Para pedagang tidak perlu mencari tempat industri, mereka dapat menjalankan bisnis online hanya dengan menggunakan komputer dan koneksi internet, tanpa perlu mempekerjakan karyawan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Oleh karena itu, teknologi data memainkan peran penting dalam perkembangan bisnis online di Indonesia, yang juga dapat meningkatkan perekonomian negara. Teknologi data, atau yang biasa dikenal sebagai TI, telah berfungsi penting dalam berbagai sektor di dunia ini, termasuk komunikasi, kedokteran, bisnis, dan lainnya. Orang-orang dapat berkomunikasi bahkan ketika mereka berada di tempat yang terpisah jauh. Banyak teknologi canggih telah dikembangkan di bidang kedokteran untuk menyembuhkan dan merawat pasien. Pada saat yang sama, perusahaan internet tumbuh dengan layanan internet di sektor ekonomi, seperti iklan produk melalui blog, situs web, dan jejaring sosial seperti Facebook.

Kata Kunci:  Teknologi Informasi, Bisnis Online, Peluang

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 1. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.337

Ashshidiqy, N., & Ali, H. (2019). Penyelarasan Teknologi Informasidengan Strategi Bisnis.

Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.46

Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan bisnis di tengah pandemi covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (studi pada ukm yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60–74. https://doi.org/https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380

Berlilana, B., Utami, R., &Baihaqi, W. M. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi Revolusi industri 4.0 terhadap perkembangan UMKM sektor industri pengolahan. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(3), 87–93.

Christian, M. (2019). Dampak Penggunaan Teknologi Berbasis Aplikasi Pada Usaha Restoran Berskala Mikro & Kecil. Journal of Business & Applied Management, 12(2), 131–140.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/jbam.v12i2.1822

Elisabeth, D. M. (2019). Kajian terhadap peranan teknologi informasi dalam perkembanganaudit komputerisasi (studi kajian teoritis). METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(1), 40–53. https://doi.org/https://doi.org/10.46880/jmika.Vol3No1.pp40-53

Fahmi, A. K. A. F., & Mudiantono, M. (2019). Analisis pengaruh jaringan, teknologi informasi dan komunikasi, serta inovasi terhadap keunggulan bersaing dan kinerja usaha (Studi pada UMKM di Purwokerto). Diponegoro Journal of Management, 8(3), 74–84.

Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi. JKBM (Jurnal KonsepBisnis Dan Manajemen), 6(2),234–239.

https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i2.3801

Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar ModaL. Business Management Journal, 16(2), 81. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i2.2360

Negara, D. J., & Kristinae, V. (2018). Pengaruh Teknologi dan Inovasi dalam Persaingan Traditional Fooddi Kalimantan Tengah. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.347Putri, N. M. K. D., & Srinadi, N. L. P. (2020). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi Dan Kemampuan Teknik Personal Terhadap Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Di Lpd Kecamatan Ubud. Widya Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.32795/widyaakuntansi.v2i1.537

Putri Primawanti, E., & Ali, H. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) For Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285.

Rahardjo, B., Ikhwan, K., & Siharis, A. K. (2019). Pengaruh financial technology (fintech) terhadap perkembangan UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2019.

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sangaji, N., Wiyono, V. H., & Mulyaningsih, T. (2019). Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Pada Kewirausahaan Untuk Kemandirian Ekonomi. http://hdl.handle.net/11617/11088

Sani, A., Wiliani, N., Budiyantara, A., & Nawaningtyas, N. (2020). Pengembangan Model Adopsi Teknologi Informasi Terhadap Model Penerimaan Teknologi Diantara UMKM. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 151–158. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.1055

Sukarini, L., & Dewi, P. E. D. M. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan, dan penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan BUMDes di Kecamatan Negara. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20429

Wahyuni, R. A. E., & Turisno, B. E. (2019). Praktik Finansial Teknologi Ilegal Dalam Bentuk Pinjaman Online Ditinjau Dari Etika Bisnis. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 379–391. https://doi.org/10.14710/jphi.v1i3.379-391

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13