Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen: Literature Review

Authors

  • Siti Mariyam Qomariah

Abstract

Citra yang baik menggambarkan keseluruhan kemasan produk, begitu pula kualitas dari suatu produk menggambarkan isi dari produk itu sendiri. Penelitian inii  bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyaitas konsumen. Penelitian ini menggunakan tinjauan Pustaka literatur review dari beberapa hasil penelitian terdahulu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pencarian jurnal melalui goggle scholar dalam kurun waktu 2021-2023 dan tambahan buku pendukung yang menunjang pada penilitian ini. Teknik pengumpulan data literature review dalam penelitian ini dimulai dari pencarian jurnal yang relevan,memilih sumber yang spesifik,mengidentifikasi artikel sampai dengan mencari garis besar dari hasi beberapa jurnal pendukung. Hasil literature review dalam penilitian ini menunjukan Citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Kata Kunci:  Citra Merek; Kualitas Produk; Penelitian Kepustakaan; Loyalitas Konsumen

References

Freddy, Rangkuti .2004.The Power Of Brands. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty (Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Jakarta : Erlangga.

J.Setiadi, Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran . Jakarta. Kencana.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Tunggal, Amin Widjaja.2008. Konsep Dasar Customer Relationship Management Jakarta. Harvarindo.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 1.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori,Kuesioner,& Analisiss Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibisono, Dermawan. 2011. Manajemen Kinerja Korporasi dan Organisasi (Panduan Penyususnan Indikator). Jakarta: Erlangga.

Okoli, C. and Schabram, K., 2011. A Guide to Conducting Literature Review of Information System Research, Communications of the Association for Information System, 37 (43), 879-910.

Haanifah, Ade, et al. 2023.Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Motor Honda Beat (Studi Kasus Pada PT.HOHO Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, Vol. 2 No.1.

A.Morasa, Azaria et al. 2022. Pengaruh Experiental Marketing, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kopi Janji Jiwa Jilid 57 17 Agustus Manado.Jurnal EMBA, Vol. No.4 Oktober 2022.

Sutra, Ana. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Kartu Telkomsel . Jurnal Entrepeneur dan Manajemen Sains, Vol. 2. Juli 2021.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13