Strategi Promosi melalui Sosial Media dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Genset PT Centralindo Energia

Authors

  • Wahyu Wibawa

Abstract

PT. Centralindo Energia adalah salah satu perusahaan Jasa Penyewaan Genset dengan merek dagang CENERGIA dan berlokasi di DKI Jakarta.   Kebutuhan listrik yang makin tahun semakin meningkat menimbulkan permasalahan baru bagi masyarakat Indonesia, salah satu dampaknya yaitu seringnya terjadi pemadaman listrik secara bergilir di berbagai tempat di Indonesia. Situasi seperti ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi PT. Centralindo Energia untuk mengejar target atau omset yang ditetapkan oleh perusahaan, tetapi yang terjadi perusahaan tersebut selama 2 tahun ini mengalami penurunan omset, hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya promosi menggunakan media-media promosi yang efektif. Pada perancangan media promosi ini penulis menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, dan dokumen. Dalam perancangan media promosi ini memberikan suatu konsep yang difokuskan pada engine genset CENERGIA yang memiliki kualitas yang baik, harga yang ditawarkan relatif lebih murah daripada produk sejenis, dan pelayanan purna jual ( after sales ) yang sangat baik dari perusahaan. Social Media yang digunakan yaitu   OLX, Tokopedia, Facebook, Tiktok, Instagram, dll. Diharapkan setelah media promosi ini diluncurkan maka nilai omset yang di dapatkan oleh PT. Centralindo Energia dari penyewaan engine genset Merk CENERGIA dapat meningkat lebih baik dari pada sebelum menggunakan Social Media sebagai saranan untuk berpromosi

Kata Kunci:  Strategi Komunikasi Marketing, Jasa Rental Genset PT Centralindo Energia

References

Ahmad, Sultra Rustan dan Nurhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepbuplish: Yogyakarta

Alwasilah, Chaedar.A. 2002. Pokoknya Kualitatif (Dasar-dasar Merancang dan melakukan Penelitian Kualitatif). Dunia Pustaka Jaya: Jakarta

A.M, Morissan. 2010. Periklanankomunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi .Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Danang, Sunyoto. 2012. Manajeme n Sumber Daya Manusia Jakarta: PT Buku Seru

Hermawan, Agus. 2012.Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Erlangga: Raja Grafindo Danang

Albi & Johan, 2018.Metodelogi Penelitian Kualitatif .Sukabumi : CV Jejak

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13