Strategi Promosi melalui Sosial Media dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Genset PT Centralindo Energia
Abstract
PT. Centralindo Energia adalah salah satu perusahaan Jasa Penyewaan Genset dengan merek dagang CENERGIA dan berlokasi di DKI Jakarta. Kebutuhan listrik yang makin tahun semakin meningkat menimbulkan permasalahan baru bagi masyarakat Indonesia, salah satu dampaknya yaitu seringnya terjadi pemadaman listrik secara bergilir di berbagai tempat di Indonesia. Situasi seperti ini sebenarnya sangat menguntungkan bagi PT. Centralindo Energia untuk mengejar target atau omset yang ditetapkan oleh perusahaan, tetapi yang terjadi perusahaan tersebut selama 2 tahun ini mengalami penurunan omset, hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya promosi menggunakan media-media promosi yang efektif. Pada perancangan media promosi ini penulis menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, dan dokumen. Dalam perancangan media promosi ini memberikan suatu konsep yang difokuskan pada engine genset CENERGIA yang memiliki kualitas yang baik, harga yang ditawarkan relatif lebih murah daripada produk sejenis, dan pelayanan purna jual ( after sales ) yang sangat baik dari perusahaan. Social Media yang digunakan yaitu OLX, Tokopedia, Facebook, Tiktok, Instagram, dll. Diharapkan setelah media promosi ini diluncurkan maka nilai omset yang di dapatkan oleh PT. Centralindo Energia dari penyewaan engine genset Merk CENERGIA dapat meningkat lebih baik dari pada sebelum menggunakan Social Media sebagai saranan untuk berpromosi
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Marketing, Jasa Rental Genset PT Centralindo Energia
References
Ahmad, Sultra Rustan dan Nurhakki Hakki. 2017. Pengantar Ilmu Komunikasi. Deepbuplish: Yogyakarta
Alwasilah, Chaedar.A. 2002. Pokoknya Kualitatif (Dasar-dasar Merancang dan melakukan Penelitian Kualitatif). Dunia Pustaka Jaya: Jakarta
A.M, Morissan. 2010. Periklanankomunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi .Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Danang, Sunyoto. 2012. Manajeme n Sumber Daya Manusia Jakarta: PT Buku Seru
Hermawan, Agus. 2012.Komunikasi Pemasaran.Jakarta: Erlangga: Raja Grafindo Danang
Albi & Johan, 2018.Metodelogi Penelitian Kualitatif .Sukabumi : CV Jejak
Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.
Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.
Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.
Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.
Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.
Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.
Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.
Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.
Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.
Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.
Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.
Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.
Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.
Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.
Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.
Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.