Tingkat Pendidikan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja (Studi Kasus Dinas Operasi Pada Lanud Sultan Hasanudin)

Authors

  • Wanda Surijohansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pendidikan dan disiplin kerja dengan kinerja karyawan di lingkungan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada karyawan di berbagai tingkatan pendidikan. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, maka metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penelitian terdahulu. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengelola sumber daya manusia dan perusahaan secara keseluruhan. Perusahaan dapat memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan pendidikan karyawan melalui pelatihan dan pendidikan lanjutan. Selain itu, perusahaan juga harus memperkuat budaya kerja yang mendorong disiplin dan akuntabilitas.

Kata Kunci:  Tingkat Pendidikan, Disiplin Kerja, Kinerja

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Fahrun dalam Liza dan Suktiarti. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Tingkat Pendidikan dan Status Pekerjaan dengan Motivasi Lansia Berkunjung ke Posyandu Lansia di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalonganâ€.

H.M. Syahirman Yusi dan Umiyati Idris, 2009, Metodelogi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Citrabooks Indonesia.

Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, PT. Bumi Aksa.

Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Praktik. Depok: PT

RajaGrafindo Persada.

Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep 571/X/2012 tentang Doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa pada Pasal15 (a). https://tni- au.mil.id/portfolio/lanud-sultan- hasanuddin/

Mangkunegara, A.A.P, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: terbitan PT Remaja Rosdakarya

Regina Gledy Kaseger. 2013. Pengembangan Karir Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan pada PT.Matahari Departemen Store Manado.Vol.1No. 4

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutrisno, E, (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana .

Veithzal Rivai, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan,Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13