Strategic Human Resources Planning and Staffing pada PT.GMF Aeroasia Tbk

Authors

  • Wienita Riyani

Abstract

Di abad ke-21, persaingan tenaga kerja profesional sangat ketat karena perusahaan menginginkan sebuah tenaga kerja yang dapat bekerja secara efisien. Sehingga perusahaan sangat memperhatikan manpower planning untuk masa yang akan datang. Sama hal nya dengan PT GMF AeroAsia. Rekrutmen personel dapat dilakukan dari dalam organisasi atau dari luar organisasi. Perencanaan sumber daya unit HR PT GMF AeroAsia adalah dengan proses mengantisipasi dan membuat tenaga kerja alat gerak keluar masuk organisasi, serta pedoman bagi organisasi kepemimpinan dan serangkaian perubahan pada rencana perekrutan. Perubahan dalam manpower planning adalah sangat berpengaruh tidak hanya dalam perekrutan tenaga kerja tetapi juga dalam metode seleksi, pelatihan, kompensasi dan motivasi. Perencanaan organisasi untuk masa depan terutama berkaitan dengan perencanaan tenaga kerja. Pertama, sumber daya manusia terkait erat dengan rantai proses perencanaan, memetakan bentuk organisasi di mana manusia sebagai model dan memastikan keakraban dan fleksibilitas. Kedua, manajer harus mengikuti model yang sistematis saat melakukan rencana kerja. Itu situasi ini sangat terkait dengan peramalan permintaan tenaga kerja, peramalan penawaran tenaga kerja, dan perekrutan dalam organisasi, Ketiga, rekrutmen dalam organisasi dapat berasal dari dalam organisasi maupun dari luar organisasi.

Kata Kunci:  Perencanaan, Rekrutmen, Manpower Planning

References

Dale Timple, The art and science of business management performance, Kend Publishing. Inc, (1999). Gary Dessier, Human Resourcess Management, Printice Hall. Inc, 1997.

GMF AeroAsia. (2016). One of The Biggest in Southeast Asia, diupload pada 7 November 2016, http://www.gmf- aeroasia.co.id/inside-gmf/

Harlie, M. (2013). ‘Pengaruh Teori Motivasi Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Komitmen Organisasional (Studi Kasus pada PT. Sapta Indra Sejati Tabalong Kalsel)’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 6, no. 2.

Human Capital Development. (2014). Prosedur Bisnis Pengelolaan Karir Pegawai, PB-06-005. PT GMF AeroAsia, Cengkareng

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13