Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Penerbang Skadron Udara 21 Abdulrachman Saleh

Authors

  • Yudha Nugraha Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dan sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi ¡tu. Skadron Udara 21 Abdulrachman Saleh merupakan salah satu Skadron Udara di Indonesia yang bertugas untuk mengamankan negara di udara. Skadron Udara 21 (atau Skadud 21) adalah satuan pelaksana operasional Lanud Abdurachman Saleh dan berkedudukan langsung dibawah Wing Udara 2. Pada tulisan tugas ¡ni akan menganalisa strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia di Skadron Udara 21. Kerangka teori yang digunakan dalam penulisan tugas ini adalah teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas ini ¡alah metode tinjauan pustaka dimana berbagai macam sumber diambil dan penelitian terdahulu, jumal, buku dan data internal TNI AU. Tugas ini menemukan setidaknya terdapat 15 strategi pengembangan SDM di Skadron Udara 21, antara lain Program Pelatihan dan Pengembangan, Kolaborasi dengan Institusi Pendidikan, Pemantauan Kinerja, Program Mentoring, Penyediaan Sumber Daya yang Memadai, Kebijakan Kesejahteraan Karyawan, Program Pelatihan yang Komprehensif, Latihan dan Simulasi yang Realistis, Program Pembinaan dan Mentoring, Penelitian dan Pengembangan, Fokus pada Kesehatan dan Kondisi Fisik, Budaya Keselamatan yang Kuat, Kolaborasi dengan Sektor Industri, Evaluasi dan Perbaikan Terus-Menerus dan Evaluasi Kinerja Rutin. Tugas ini menyimpulkan jika Peningkatan sumber daya manusia di Skadron Udara 21 TNI AU akan berkontribusi langsung pada keberhasilan operasional. Pilot yang memiliki kualitas dan keterampilan yang tinggi akan mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan efektifdan efisien, meningkatkan keberhasitan dalam melaksanakan misi dan tugas-tugas operasional udara.

Kata Kunci: Strategi, Sumber Daya Manusia, Penerbang, Skadron Udara 21

References

Iskandar, D. (2022). PEMANFAATAN PESAWAT TERBANG TANPAAWAK UNTUK MENANGGULANGI GANGGUAN KEAMANAN NASIONAL. Strategi dan Kampanye Militer (SKM), 8(2), 15-37.

Larasati, S. (2018). Manajemen sumberdaya manusia. Deepublish.

Petrus, P. S., Widodo, P., & Poespitohadi, W. (2021). PENGARUH KOMPETENSI DARI PENGGUNAAN AIR COMBAT MANEUVERING INSTRUMENTATION DAN LATIHAN SIMULATOR TERHADAP KEMAMPUAN PENERBANG TEM PUR Dl WING 3 PANGKALAN TNI AU ISWAHJUDI. Strategi Pertahanan Udara, 7(1).

Sabaruddin, D. R. (2023). LEMBAGAPENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL UNTUK MENDUKUNG TUGAS INTELIJEN UDARA. Strategi Pertahanan Udara, 8(2).

Said, M. (2010). Analisa Kausal Prestasi Kerja lnstruktur Penerbang Beserta Kualitas Pengukuran Indikator-Indikatornya di Sekolah Penerbang TNI-AU Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(4), 400-41 7.

Sonhaji, I., Jatmoko, D., Rosmayanti, L., Praptiníngsih, N., & Amir, E. (2022). Pelatihan Refresher Training Aerodrome Control Tower untuk Personil Air Traffic Control Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Jumal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Lan git Biru, 3(01), 09-16.

Taloko, Y., Ismadi, A., & Haryono, H. (2018). Penan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam di Wlayah Sulawesi Utara. Strategi Pertahanan Udara, 4(1).

Penyebab Utama Kecelakaan Pesawat Dunia tahun 2015. https://m.tempo.co/read/news/201 6/05/22/0 61 773024/ini-5-penyebab-utamakecelakaan-pesawat. diakses pada 18 Mei 2023 pukul 11:19 WiT.

Afandi, A. (2021). MENTORING PROGRAM: Empowerment and Human Resources Development. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 87-94.

Andreas, D. (2022). EMPLOYEE PERFORMANCE: The Effect Of Motivation And Job Satisfaction. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 28-35.

Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331-340.

Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 35-50.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Jayanti, L. (2022). Socialization Of Financial Literacy During The Covid-19 Pandemic In South Tanggerang MSME Gallery. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 34-43.

Novitasari, A., & Yulizar, Y. (2023). Company Value Disclosure Based on Fundamental Analysis of Energy Companies in Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 65-73.

Anggraini, F. N. (2022). PERFORMANCE: Self, Management, and Organizational Social Perspectives. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 1-9.

Nurbaeti, S. (2022). Significance of the Influence of Leadership Model, Morale, and Satisfaction on Performance Consistency. PRODUKTIF: Jurnal Kepegawaian dan Organisasi, 1(1), 10-18.

Nuriadi, N. (2021). The Effectiveness Of Application Of Marketing Strategies In Private Higher Education. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 104-113.

Nurlaila, P. (2022). PERFORMANCE MODEL: Satisfaction, Commitment and Reward Based. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 19-26.

Pambudi, R. F., & Kustini, E. (2023). BUSINESS DIGITALIZATION TRAINING: Optimization of Digital Business Opportunities and Advantages. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 3(1), 14-22.

Rahman, A. (2023). Professional Work Model in Terms of Standard Operating Procedures, Intelligence, Rules and Ethics. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 3(2), 74-85.

Sari, E. N. (2021). Concept Of Small And Medium Entrepreneurs In Customer Oriented Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(3), 123-131.

Anggraeni, F. N. (2020). Survey Motivasi Kerja Driver Ojek Online Grab. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 251-260.

Solahudin, M. (2022). PREDICTING THE INCREASE OF COMPANY VALUE BASED ON PROFIT AND DEBT GOVERNANCE POLICIES: A Case Study on Indonesian Automotive Companies. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(3), 123-131.

Wulandari, D. (2022). Customer Satisfaction as a Priority in Excellent Banking Services. KINERJA: Jurnal Manajemen Organisasi dan Industri, 1(1), 27-34.

Downloads

Published

2023-08-13