Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Furniture Pada UD Rizky Jaya Abadi

Authors

  • Tharmizi Tharmizi Universitas Pamulang
  • Luca Kristiani Wandita Universitas Pamulang
  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Dina Laraswaty Universitas Pamulang
  • Burhanudin Burhanudin Universitas Pamulang
  • Ryzky Novrantama Universitas Pamulang

Abstract

Strategi pemasaran dengan kondisi perkembangan jumlah penjualan produk, dengan melihat kendala-kendala yang dimiliki UD Rizky Jaya Abadi, maka diperlukan suatu rancangan untuk mengembangkan industri furniture agar sesuai dengan target yang ingin dicapai. tercapai dan dapat meningkatkan penjualan setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada UD Rizky Jaya Abadi dan untuk mendeskripsikan kendala serta solusi yang diperoleh pada UD Rizky Jaya Abadi. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Penentuan informan ini ditentukan oleh peneliti dengan menggunakan metode Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang berkualitas, harga yang lebih efektif dan penuh tanggung jawab agar barang sampai ke konsumen, dan promosi yang efektif dengan cara online dan offline. Oleh karena itu dilakukan dengan metode bauran pemasaran 4P yaitu: produk, harga, tempat, promosi. 2) Kendala yang diperoleh UD Rizky Jaya Abadi dalam mengembangkan industri mebel adalah dalam proses produksi barang terkadang terjadi keterlambatan yang disebabkan oleh pengrajin yang jarang datang ke tempat kerja sehingga solusi yang digunakan adalah dengan melakukan pengawasan terhadap karyawan serta menegur dan memberikan pekerjaan. peringatan. Berdasarkan hasil analisis bauran pemasaran, produk furnitur tumbuh dan volume penjualan meningkat sebesar 19% pada tahun 2022.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan

Downloads

Published

2024-09-16