Analisis Strategi Pemasaran Produk Tambahan (Ancillary) Pada Maskapai Citilink Indonesia

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Sendi Tri Guntoro Universitas Pamulang
  • Fitri Marsela Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran produk tambahan (ancillary) pada Citilink Indonesia, sebuah maskapai penerbangan terkemuka dengan biaya terjangkau di Indonesia. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami bagaimana Citilink Indonesia mengembangkan dan mengimplementasikan produk-produk ancillary untuk meningkatkan pendapatan serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis kualitatif dengan Analisis SWOT di Citilink Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citilink menggunakan berbagai strategi pemasaran yang mencakup Strength, Weakness, Opportunity & Threats. Implementasi strategi ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan pendapatan tambahan dan memperkuat posisi kompetitif Citilink di pasar penerbangan domestik dan internasional terbukti dengan growth pada produk tambahan (Ancillary Product) yang meningkat 37,84%. Studi ini menyimpulkan bahwa keberhasilan strategi pemasaran produk ancillary di Citilink sangat dipengaruhi oleh pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan serta kemampuan untuk berinovasi dalam menawarkan produk yang relevan dan bernilai tambah.

Keywords: Ancillary Product, Citilink Indonesia, Strategi Pemasaran

Published

2024-09-16