Kepuasan Konsumen Berbasis Penerapan Experiential Marketing
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian nasional. Sektor ini dirancang selain sebagai salah satu sumber penghasil devisa yang cukup andal, juga merupakan sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dan mendorong perkembangan investasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial experiential marketing terhadap kepuasan konsumen, faktor pendorong dan penghambat kepuasan konsumen. Pengambilan sampel berjumlah 100 pengunjung Taman Wisata Matahari, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan dan batasan tertentu sehingga sampel yang dipilih relevan dengan tujuan penelitian. Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas dan juga uji asumsi klasik. Pengujian valid, reliabel, asumsi klasik dan dapat dipakai untuk data regresi linier berganda. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif serta verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh simultan positif dan signifikan experiential marketing terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial feel, act dan relate mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebagai pendorong kepuasan konsumen. Sedangkan sense dan think tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebagai faktor penghambat.
Keywords: Experiential Marketing; Kepuasan Konsumen; Pariwisata
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.