Kepuasan Konsumen Berbasis Penerapan Experiential Marketing

Authors

  • Jamaludin Universitas Djuanda
  • Dwi Gemina Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai peranan yang sangat strategis dalam menunjang pembangunan perekonomian nasional. Sektor ini dirancang selain sebagai salah satu sumber penghasil devisa yang cukup andal, juga merupakan sektor yang mampu menyerap tenaga kerja dan mendorong perkembangan investasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial experiential marketing terhadap kepuasan konsumen, faktor pendorong dan penghambat kepuasan konsumen. Pengambilan sampel berjumlah 100 pengunjung Taman Wisata Matahari, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan dan batasan tertentu sehingga sampel yang dipilih relevan dengan tujuan penelitian.  Kuesioner teruji dengan uji validitas, uji reliabilitas dan juga uji asumsi klasik. Pengujian valid, reliabel, asumsi klasik dan dapat dipakai untuk data regresi linier berganda. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif serta verifikatif dengan pendekatan kuantitatif.  Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh simultan positif dan signifikan experiential marketing terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial feel, act dan relate mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebagai pendorong kepuasan konsumen. Sedangkan sense dan think tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen sebagai faktor penghambat.

Keywords: Experiential Marketing; Kepuasan Konsumen; Pariwisata

Downloads

Published

2024-09-16