Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Tanah Kavling Pada Berkah Land Di Pandeglang

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Nisa Aulia Syalbah Universitas Pamulang
  • Ratna Diah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pertumbuhan bisnis pada Berkah Land di Pandeglang saat ini. (2) Untuk mengetahui teknik pemasaran Berkah Land di Pandeglang dalam meningkatkan pendapatannya. Pendekatan kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dan berjenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data di gunakan dengan cara wawancara dan tehnik analisis data di gunakan metode SWOT. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui: (1) Kondisi Berkah Land di Pandeglang saat ini, bila dilihat dari faktor internal, Berkah Land di Pandeglang mempunyai kekuatan lebih besar yaitu dengan bobot 0,7 di banding kelemahannya yaitu dengan bobot 0,3, sedangkan faktor eksternal memiliki peluang sebesar bobot 0,61 dan ancaman yang ada yaitu sebesar 0,39. Dari hasil tersebut dapat digambarkan bahwa kekuatan yang ada di Berkah Land Di Pandeglang cenderung baik dengan menggunakan strategi pemasaran secara efektif sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dan meminimalisir potensi dampak yang merusak dari ancaman eksternal.(2) Berdasarkan analisis matrik IE , kondisi Juara Berkah land berada pada posisi titik temu matrik IFE 2,81 dan matrik EFE 2,89, berarti posisinya berada pada kuadran Jaga dan pertahankan. (3) Strategi SO: menyediakan Kavling tanah yang strategis dengan harga yang terjangkau dan surat yang lengkap (4) strategi S-T: Membuat paket kredit yang meringankan konsumen untuk membeli tanah (5) strategi W-O: meningkatkan promosi online untuk Kavling tanah yang akses jalannya masuk ke dalam dari jalan raya (6) strategi W-T: Kerjasama terkait antara pemerintah setempat dan Berkah Land.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran; factor EFE; Faktor IFE; Matrik IE; SWOT; tanah kavling

 

Downloads

Published

2024-09-16