Analisis Netnografi Pengalaman Pelanggan Café White Forest

Authors

  • Dimas Muhammad Thoifur Universitas Pamulang
  • Eka Retno Utari Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

Pertumbuhan bisnis UMKM makanan di Indonesia terus mengalami perkembangan yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir. Café White Forest merupakan salah satu kafe yang cukup terkenal berlokasi di Pamulang Square, Pamulang Tangerang selatan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis sumber ketidakpuasan pelanggan di Café White Forest pada ulasan atau penilaian pelanggan pada google review. Mengingat pada saat ini adanya penilaian pada google review dapat menjadikan pertimbangan bagi calon pelanggan untuk berkunjung ke Café White Forest. Metode penelitian yang digunakan adalah studi netnografi, metode Netnografi digunakan dengan mengamati teks-teks yang terdapat pada penilaian rating bintang 1 dan 2 di café White Forest Pamulang Square. Setelah itu data dioleh mengunakan software atlas.ti guna melakukan pengkodean kata atau kalimat dalam setiap penilaian pada google review. Hasil analisis terhadap 30 reviews pelanggan dapat diidentifikasi bahwa terdapat 9 kategori penting yang diperoleh dari review pelanggan. Frasa, yang paling banyak muncul adalah pelayanan buruk, makanan tidak enak, dan makanan lama disajikan.  Untuk itu perlu adanya beberapa strategi peningkatan kualitas layanan dan makanan, guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan pelanggan yang berkunjung ke Café White Forest.

Keywords: Café, Studi Netnografi, Kualitas Pelayanan

 

Downloads

Published

2024-09-16