Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang Jawa Timur

Authors

  • Diding Tri Rosyanto Universitas Pamulang
  • Nungky Puspita Universitas Pancasila
  • Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari experiential Marketing dalam hal minat untuk berkunjung kembali ke warung Desa Wisata Gubugklakah Malang, Jawa Timur. Ini adalah elemen pemasaran untuk berkunjung kembali dari pemasaran experiential (Schmit, 1999), yaitu merasakan (sense), merasa (feel), berpikir (think), bertindak (act), dan berhubungan (relate). Dari semua elemen Experiential marketing berpengaruh terhadap kunjungan Kembali Adapun Indikator minat berkunjung kembali dalam penelitian ini berdasarkan penelitian (Dhani & Firman, 2015) yang terdiri dari : Keinginan pengunjung untuk kembali mengunjungi objek wisata yang sama, Pengunjung akan kembali mengunjungi dimasa mendatang karena merasa puas, Pengunjung kembali untuk melihat wahana baru, Pengunjung merekomendasikan ke kerabat untuk melakukan kunjungan. Memperoleh data secara langsung melalui kuesioner distribusi, dengan jumlah sampel memenuhi persyaratan sampel purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktural persamaan Regresi Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil studi menunjukkan kesimpulan bahwa experiential Marketing memiliki efek positif dan signifikan atas minat berkunjung Kembali.

Kata Kunci : Experiential Marketing ; Minat berkunjung Kembali ; Desa Wisata

Downloads

Published

2024-09-16