Analysis of PT Nestle Indonesia's Consumer Satisfaction with Dairy Products (Bear Brand, Milo and Dancow) with Observational Research Method

Authors

  • Sugiyanto Universitas Pamulang
  • Nica Lisandria Universitas Pamulang
  • Kiki Oktapitri Universitas Pamulang
  • Dawud Sultonulloh F Universitas Pamulang

Abstract

Nestle merupakan salah satu Perusahaan yang memberikan produk olahan makanan dan minuman terbesar di Indonesia , dan memiliki nama yang telah mendunia, Nestle telah menciptakan ratusan bahkan ribuan produk terutama dalam jenis makan dan minuman, dalam hal ini strategi khusus menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan suatu perusahaan, dalam memasarkan produknya perusahaan Nestle menerapkan strategi promosi sebagai strategi utama dalam pemasaran produk. Promotion Strategy Nestle di Indonesia, Malaysia, dan Singapura Nestle mulai membangun jaringan penjualan dengan memanfaatkan 20 pabrik dan anak perusahaan yang tersebar dari Afrika hingga Asia, Australia, dan Amerika Latin pada tahun 1905 (Nestle, 2022). Dengan perkembang Nestle melalui Asia terdapat strateginya, berikut strategi pemasaran Nestle dalam Indonesia, Singapura dan Malaysia: Indonesia PT. Nestle Indonesia menggunakan iklan sebagai salah satu strateginya dalam indonesia, dengan penyebaran iklan PT. Nestle Indonesia dapat meningkatkan penjualan produknya, iklan tersebut tidak hanya di televisi tetapi juga ada melalui sosial media, kemudian PT. Nestle Indonesia juga ada melakukan kegiatan promosi seperti buy 1 get 1 free, kontes dan lain-lain. Dengan begitu strategi pemasaran PT. Nestle Indonesiaini membuat PT. Nestle Indonesia tidak menghadapi banyak kesulitan (Nuramdhani, 2006). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan berjenis field research atau penelitian lapangan, yaitu memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana strategi promosi produk Nestle, Kerangka teoritis yang digunakan untuk melakukan analisis yaitu dari teori pemasaran, strategi pemasaran, promosi, bauran promosi (promotion mix), promosi dalam Islam dan Teori Kepuasan Konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang digunakan dalam kegiatan pemasaran salah satunya yaitu dengan promosi sampling yaitu promosi yang dilakukan dengan membagikan sample gratis kepada konsumen, dengan tujuan konsumen dapat langsung merasakan produk tersebut dan membuktikan manfaat dan rasa produk secara langsung,

Kata Kunci : Strategi pemasaran, promosi, Nestle, Kepuasan konsumen

Downloads

Published

2024-09-16