Analysis of PT Nestle Indonesia's Consumer Satisfaction with Dairy Products (Bear Brand, Milo and Dancow) with Observational Research Method
Abstract
Nestle merupakan salah satu Perusahaan yang memberikan produk olahan makanan dan minuman terbesar di Indonesia , dan memiliki nama yang telah mendunia, Nestle telah menciptakan ratusan bahkan ribuan produk terutama dalam jenis makan dan minuman, dalam hal ini strategi khusus menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan suatu perusahaan, dalam memasarkan produknya perusahaan Nestle menerapkan strategi promosi sebagai strategi utama dalam pemasaran produk. Promotion Strategy Nestle di Indonesia, Malaysia, dan Singapura Nestle mulai membangun jaringan penjualan dengan memanfaatkan 20 pabrik dan anak perusahaan yang tersebar dari Afrika hingga Asia, Australia, dan Amerika Latin pada tahun 1905 (Nestle, 2022). Dengan perkembang Nestle melalui Asia terdapat strateginya, berikut strategi pemasaran Nestle dalam Indonesia, Singapura dan Malaysia: Indonesia PT. Nestle Indonesia menggunakan iklan sebagai salah satu strateginya dalam indonesia, dengan penyebaran iklan PT. Nestle Indonesia dapat meningkatkan penjualan produknya, iklan tersebut tidak hanya di televisi tetapi juga ada melalui sosial media, kemudian PT. Nestle Indonesia juga ada melakukan kegiatan promosi seperti buy 1 get 1 free, kontes dan lain-lain. Dengan begitu strategi pemasaran PT. Nestle Indonesiaini membuat PT. Nestle Indonesia tidak menghadapi banyak kesulitan (Nuramdhani, 2006). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dan berjenis field research atau penelitian lapangan, yaitu memberikan gambaran yang jelas mengenai bagaimana strategi promosi produk Nestle, Kerangka teoritis yang digunakan untuk melakukan analisis yaitu dari teori pemasaran, strategi pemasaran, promosi, bauran promosi (promotion mix), promosi dalam Islam dan Teori Kepuasan Konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran yang digunakan dalam kegiatan pemasaran salah satunya yaitu dengan promosi sampling yaitu promosi yang dilakukan dengan membagikan sample gratis kepada konsumen, dengan tujuan konsumen dapat langsung merasakan produk tersebut dan membuktikan manfaat dan rasa produk secara langsung,
Kata Kunci : Strategi pemasaran, promosi, Nestle, Kepuasan konsumen
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.