Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Maxim

Authors

  • Elzius Fransiscus Lumban Gaol Universitas Pamulang
  • Salma Asy Syifa Universitas Pamulang
  • Sugiyanto Sugiyanto Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa transportasi maxim. Metode yang digunakan adalan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus cochran dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan persamaan regresi Y = 16,460 + 0,590X1, nilai korelasi sebesar 0,675 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 45,5%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,051 > 1,984). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen

Downloads

Published

2024-09-16