Analisis Tingkat Keputusan Pembelian Tiket Transportasi Dan Kamar Hotel Melalui Promosi Penjualan Traveloka

Authors

  • Eka Nurahayu Universitas Pamulang
  • Eky Febrianti Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keputusan pembelian Tiket Transportasi dan Kamar Hotel melalui promosi penjualan yang dilakukan oleh Traveloka.  Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif berdasarkan data dari wawancara mendalam dengan konsumen serta tinjauan terhadap literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon langsung pada tiket transportasi terbukti menjadi strategi yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah transaksi untuk memutuskan membeli tawaran Traveloka, sementara cashback kurang menarik dalam pandangan konsumen untuk memutuskan membeli. Konsumen menganggap Traveloka sebagai platform yang dapat diandalkan untuk mendapatkan penawaran terbaik, yang menguatkan citra Traveloka sebagai pilihan yang menguntungkan di pasar. Promosi Penjualan Traveloka secara signifikan dapat menarik konsumen untuk memutuskan membeli. Hal ini menunjukkan pentingnya strategi promosi yang tepat dalam mengubah preferensi konsumen. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Traveloka terus mengoptimalkan strategi diskon langsung, memperkuat citra Traveloka, meningkatkan analisis data konsumen, dan mengembangkan inovasi dalam promosi untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam penjualan tiket transportasi dan kamar hotel.

Kata kunci: Keputusan Pembelian, Promosi penjualan

Downloads

Published

2024-09-16