Analisis Kualitas Pelayanan Usaha Bidang Jasa Pada Umkm Binatu (Studi Kasus Pada Qu Laundry Cimanggis)

Authors

  • Udin Ahidin Universitas Pamulang
  • Mirani Erliana Setyaningsih Universitas Pamulang
  • Riya Fitriani Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang sudah dilakukan QU Laundry. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif persentase. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan sebaran kuesioner dan tambahan wawancara secara langsung dengan 35 orang partisipan yang terdiri dari 1 orang pemilik usaha, 4 orang karyawan, serta 30 pengguna jasa QU Laundry. Hasil penelitiannya yakni kualitas pelayanan yang unggul dengan persentasi paling besar adalah hasil laundry bersih dan wangi dilengkapi packing yang aman dan rapih (bukti fisik), karyawan memiliki skill yang terlatih agar menjamin bahwa hasil bersih, rapi, dan wangi (jaminan), serta kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang cepat (daya tanggap). Kemudian kualitas pelayanan yang kurang baik ada pada kriteria penilaian yang terendah yakni penataan perlengkapan dan peralatan laundry tidak rapih sehingga pelanggan merasa tidak nyaman (bukti fisik), memproses pesanan kurang sesuai instruksi pelanggan (keandalan), layanan tambahan seperti nota elektronik dan pengingat saat pesanan selesai melalui online untuk mempermudah pelanggan belum dilakukan ke semua pelanggan (bukti fisik).

Kata kunci: kualitas pelayanan, persentase, unggul

Downloads

Published

2024-09-16