Inovasi Teknologi Face Recognition Boarding Gate Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pt. Kai Indonesia

Authors

  • Andhini Dwi Widyastiwi Universitas Pamulang
  • Yuliana Yuliana Universitas Pamulang
  • Taswanda Taryo

Abstract

Di era modern ini, teknologi dapat melakukan banyak hal. Diantaranya adalah teknologi yang bisa mengenali wajah manusia. Pengenalan wajah atau face recognition merupakan teknologi pemindaian wajah manusia dengan menggunakan webcam, yang bertujuan untuk merekam dan memantau aktivitas yang direkam oleh perangkat. Teknologi pengenalan wajah dapat digunakan di berbagai industri dan sektor korporasi. Era industri 4.0 ini penggunaan system pengenalan wajah atau dikenal dengan face recognition sudah banyak diterapkan pada sistem membuka pintu atau gate suatu tempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan inovasi sistem face recognition pada boarding gate PT. KAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu menggunkakan pencarian jurnal-jurnal dan literatur terkait dalam melakukan penelitian ini. Sebagai perusahaan jasa publik, PT KAI terus berusaha meningkatkan mutu pelayanan publik untuk para pelanggan dengan melakukan inovasi. Salah satu bentuk inovasi yang baru

 

saja diuji coba pada September 2022 lalu adalah fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung yang hingga awal 2024 telah diterapkan ditotal 11 stasiun. Inovasi ini juga merupakan salah satu tindaklanjut dari PKS antara KAI dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 2 Februari 2022. yang lalu. Joni selaku Public Relationships KAI menyampaikan apabila sekarang hanya memerlukan waktu 1 detik untuk memastikan wajah pelanggan akan terverifikasi dengan database pada sistem KAI (Public Relationships KAI).

Kata Kunci : Inovasi, Face Recognition, Boarding Gate, KAI

 

Downloads

Published

2024-09-16