Analisis Sistem Informasi Pelayanan Di Bidang Kepabeanan Dan Cukai (Custom Excise Information System And Automation) Ceisa 4.0

Authors

  • Melinda Pratiwi Universitas Pamulang
  • Ollyvia Fridyatama Universitas Pamulang
  • Taswanda Taryo Universitas Pamulang

Abstract

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menyediakan portal layanan publik, yaitu Costums-Excise Information System and Automation (CEISA) dengan alamat domain https:// portal.beacukai.go.id/. CEISA 4.0 merupakan pengembangan dari sistem CEISA berbasis website untuk melakukan proses pengawasan dalam kepabeanan dan cukai. Temuan berdasarkan hasil observasi mengemukakan permasalahan pada web based CEISA 4.0, dimana belum tersedianya upaya untuk melakukan evaluasi guna mengetahui sejauh mana kemudahan serta tujuan penggunaannya dapat tercapai, khususnya pada kantor PT Wildwood. Penggunaan Metode System Usability Scale (SUS) diterapkan mengingat SUS adalah usability tester yang valid walaupun dengan ukuran sampel yang kecil. Pada dasarnya usability (kebergunaan) menilik berdasarkan kemampuan sebuah software pada berbagai platform untuk digunakan secara mudah, menarik bagi pengguna, dan sejauh mana software tersebut dapat digunakan pengguna untuk mencapai tujuan tertentu dengan berfokus pada efektivitas, efisiensi, dan kepuasan penggunaan software. Hasil akhir skor rata-rata SUS diperoleh dengan nilai 56,5 dari pengumpulan kuisioner 5 responden. Nilai tersebut menginterpretasikan bahwa penilaian pada Acceptability Ranges adalah Marginal, Grade Scale dalam skala F, dan Adjective Ratings dalam kategori OK. Rata- rata tingkat system usability scale adalah 68. Maka jika skor dibawah 68 berindikasi terdapat permasalahan yang berpengaruh ke tingkat usability sistem. Dalam hal ini, Indikasi pengembangan lebih lanjut perlu dilakukan DJBC untuk lebih memudahkan aktifitas penggunanya dalam mengoperasikan CEISA.

Kata Kunci: CEISA 4.0, Bea dan Cukai, Portal Layanan Publik, System Usability Scale,

 

Downloads

Published

2024-09-16