Studi Literatur: Dampak Positif Dan Negatif Dalam Penggunaan Teknologi Media Sosial Pada Kalangan Remaja
Abstract
Dalam teknologi era digital informasi merupakan sesuatu yang mudah dan dapat diakses oleh siapa pun, sehingga untuk mendapatkan serta berbagi informasi tanpa batas, tanpa terkecuali dari mana sumber informasi tersebut berasal. Meskipun era digital membawa kemudahan yang luar biasa, kita tidak dapat mengabaikan dampak yang mungkin timbul pada kalangan remaja akibat ketidakpahaman dan penyalahgunaan masyarakat terhadap media digital. Perkembangan teknologi media sosial khususnya internet, menyuguhkan cara berinteraksi, komunikasi, dan sosialisasi yang inovatif dengan memberikan fitur-fitur menarik, di Indonesia, khususnya kalangan remaja yang mendominasi jumlah pengguna media sosial. Namun, dampaknya tidak selalu positif, melainkan terkadang memunculkan kasus-kasus serius seperti mencemarkan nama baik, penghinaan, prostitusi, penculikan, hingga bullying yang dapat membuat anak atau remaja menjadi depresi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui manfaat teknologi media sosal dalam pencapaian prestasi pada remaja dan untuk mengetahui cara mengurangi dampak negatif dan menambah dampak positif dalam memanfaatkan teknologi media sosial pada remaja. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan menggunakan desain tinjauan literatur (literature review) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja harus dapat memanfaat kan media teknologi media sosial pada saat pembelajaran dikelas dan memanfaat kan media sosial untuk pembelajaran atau mencapai prestasi dalam mengerjakan tugas, mencari materi belajar, diskusi, quis, mencari informasi, mencari tutorial, dan hiburan yang positif. Dengan adanya dampak positif maupun dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan teknologi media sosial peran guru dalam membimbing dan pengarahankan remaja sangat dibutuhkan disekolah sedangkan peran orang tua dirumah untuk membina perkembangan sosial anak sehingga dengan ada nya peran keduanya diharapkan bisa mengurangin dampak negatif dan menambah dampak positif pada remaja.
Kata Kunci : Teknologi media sosial, dampak positif dan negatif, kalangan remaja, peran guru, peran orang tua, prestasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.