Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Karyawan (Tenant) Gedung Menara Mandiri Kawasan Scbd Jakarta Selatan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan studi pada karyawan (tenant) Gedung Menara Mandiri kawasan SCBD Jakarta Selatan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian asosiatif kausal dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 6.257 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan mengambil sampel 98 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (12,612 > 0,1660) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, persamaan regresi Y = 4,161
+ 0,308X1, nilai korelasi sebesar 0,790 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang tinggi dan nilai koefisien determinasi sebesar 79%. Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau (11,307 > 0,1660), dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima. Persamaan regresi Y = 1,930 + 0,322X2, nilai korelasi sebesar 0,756 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 75,6%. Kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (103,456 > 2,140), dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Persamaan regresi Y = 1,183 + 0,199X1 + 0,159X2, nilai korelasi sebesar 0,828 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 82,8% sedangkan sisanya sebesar 17,2% dipengaruhi faktor lain.
Keywords: Kualitas Pelayanan; Kualitas Fasilitas; Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.