Pengaruh Efektivitas E - Payment Terhadap Impulse Buying Online Dalam Perspektif Bisnis E-Commerce

Authors

  • Surya Budiman Universitas Pamulang
  • Daru Maliki Universitas Pamulang
  • Asep Saepuloh Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh efektivitas e-payment terhadap Impluse Buying dalam persepektif bisnis eccomerce. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dan data dikumpulkan melalui kuesioner disebarkan secara langsung melalui platform google form. Jumlah populasi 80 dan menggunakan rumus slovin dengan margin eror 0,10 maka sampel yang dipakai sebanyak 78 responden. Analisis yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian diperoleh Efektivitas E-payment (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Impluse Buying (Y) dengan persamaan regresi Y= 7.206 + 1.038 X1. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (22.084 > 1,990) atau dengan nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan Nilai korelasi R = 0,572 berada pada rentang 0,40 – 0,599 dengan nilai hubungan cukup kuat terhadap Impluse Buying (Y).
Kata Kunci : Efektivitas E-payment, Impulse Buying Perspektif Bisnis E commerce

Downloads

Published

2024-09-16