The Effect Of Product Quality On Buying Decision at PT. San Miquel Pure Foods Indonesia

Authors

  • Mahnun Mas'adi Universitas Pamulang
  • Wawan Supriyatna Universitas Pamulang
  • Widya Intan Sari Universitas Pamulang
  • Riri Oktarini Universitas Pamulang
  • Aris Ariyanto Universitas Pamulang

Abstract

This research aims to determine the effect of product quality on buying decisions at PT. San Miquel Pure Foods Indonesia. The method used is explanatory research with a sample of 60 respondents. The analysis technique uses statistical analysis with regression testing, correlation, determination and hypothesis testing. The results of this research variable product quality obtained an average score of 3,740 with good criteria. The buying decision variable obtained an average score of 3.785 with good criteria. Product quality has a positive and significant effect on buying decisions with the regression equation Y = 11.936 + 0.693X, and a correlation coefficient value of 0.791 or has a strong level of relationship with a determination value of 62.6%. Hypothesis testing obtained a significance of 0.000 <0.05.

 Keywords: Product Quality, Buying Decisions.

References

Algifari, 2010. Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, 2009. “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung.

Anggita Rizana Aulia, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, harga,dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan minat beli ulang sebagai variabel intervening pada Shibuy Resto Citraland Semarangâ€, Tesis, 2014.

Anoraga Panji, 2009. Psikologi Kerjaâ€, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2010.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, Sofian, 2008. “Manajemen Produksi Dan Operasi“, LPFE Universitas Indonesia, Jakarta.

Ayu Hapsari Narendra Putri, “Pengaruh Harga, Kompetitif, Lokasi dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang dan Implikasinya pada Kepuasan Pelangganâ€, Universitas Diponegoro, Tesis. 2013.

Babin, Zikmund, 2011.“Menjelajahi Riset Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Penerbit Salemba empat. Jakarta.

Cannon, Perreault & McCarthy, 2009.“Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Globalâ€, Buku kedua, Edisi enam belas, Jakarta.

Chandra, Gregorius, 2011. “Strategi Dan Program Pemasaranâ€, Andi Offset, Yogyakarta.

Erlangga, H. (2020). The Challenges of Organizational Communication in the Digital Era. Solid State Technology, 63(4), 1240-1246.

Erlangga, H., Sifatu, . W. O., Wibisono, . D., Siagian, . A. O., Salam, . R., Mas'adi, . M., Gunartin, ., Oktarini, . R., Manik, . C. D., Nani, ., Nurhadi, . A., Sunarsi, . D., Purwanto, . A. & Kusjono, . G. (2020) Pharmaceutical Business Competition in Indonesia: A Review. Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (10), 617-623. doi:10.31838/srp.2020.10.92

Eva Sheilla Rahma, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Telepon Seluler di Kota Semarangâ€, Tesis, 2007.

Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek Dan Psikologi Konsumenâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Firda Fadilah, “Pengaruh Kualitas pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Diva Karaoke, Tesis, Universitas Brawijaya, Malang, 2015.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Handi Chandra, 2008. rinsip Kepuasan Nasabahâ€, Cetakan kelima, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hasan, Ali, 2009. Marketingâ€. Media Utama, Yogyakarta.

Hasibuan, SP, 2012. “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta.

Hurriyati, Ratih, 2010. “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung.

Imam Heryanto, “Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Minat Beli dan Berdampak pada Kepuasan Pelangganâ€, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Enterpreneurship, Vol.9.No.2 Oktober 2015,80-101 ISSN 2443-2121, 2015.

Iriane Catherina Natalia Telan, “Analisis Pengaruh Faktor Teknologi, Kualitas Layanan, dan Fokus Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Elrina di Semarangâ€, Tesis, 2011.

Istijianto, 2009. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad'ministrare, 7(1), 73-82.

Kasmir, 2010.“Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnyaâ€, Edisi Keenam, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Keller dan Amstrong, 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, 2012.“Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller, 2012.â€Manajemen Pemasaranâ€, PT Macaman Jaya Cemerlang, Jakarta.

Laksana, Fajar, 2013. “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Lovelock & Wright, 2012. “Principle of Services Marketing And Managementâ€, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey, USA.

M.F.Shellyana J & H.Hidayat, 2007. “Hubungan Antara Persepsi Harga Konsumen Dan Konsep Pemasaran Terhadap Produk Merk Tokoâ€, Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan, Jakarta.

Marknesis, Tim, 2012.“Customer Satisfaction and Beyondâ€, Marknesi, Yogyakarta.

Ningsih, “Analisis Pengaruh Pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan pada Convience Store Sevel Ciputatâ€, 2014.

Nuryani,Y. D Sunarsi. (2020). The Effect of Current Ratio and Debt to Equity Ratio on Deviding Growth. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sistem Informasi Akuntansi) 4 (2), 304-312.

Perundangan

Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.

Safroni, Ladzi, 2012.“Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesiaâ€, Aditya Media Publishing, Surabaya.

Saladin, Djaslim, 2012. â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung

Sarwono, Jonathan, 2012.“Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Simamora, Bilson, 2009. “Panduan Perilaku Konsumenâ€, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Simamora, Bilson, 2012.“Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2012 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.

Suryadi, Didih, 2011.“Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan†PT. Suka Buku, Jakarta.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, 2005. “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta.

Syofian Siregar, 2010. “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2007.“Pemasaran Jasaâ€, Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

Tjiptono, Fandy. 2009. “Pemasaran Jasaâ€, Edisi Pertama, Bayu Media Publishing, Malang.

Umar, Husen, 2008. “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta , 2008.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992, tentang asuransi dan pertanggung jawaban perjanjian asuransi.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaranâ€, Amoro book, Yogyakarta.

Yanti, L. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Berdasarkan Aspek Kepribadian Diri. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 27-33.

Juliati, F. (2021). The Influence Of Organizational Culture, Work Ethos And Work Discipline On Employee Performance. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(1), 34-39.

Agustine, C. (2021). ANALISIS RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, DAN RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA PT. SURYA TOTO INDONESIA TBK PERIODE 2010-2018. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 68-76.

Baeli, J. (2021). Analysis Of Tax Compliance Based On Psychological Factors And Tax Administration. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(3), 87-94.

Majid, I. K. (2021). Governance-Based Library Management, More Effective and Efficient. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 68-76.

Karim, I. N. (2021). CORRELATION ANALYSIS: Are Religious Scavengers More Motivated?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(2), 59-67.

Ulfah, M. (2021). Building Teacher Performance Based Islam Religious Values. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 9-17.

Mukminat, S. S. (2021). Realitas Kinerja Dosen, Apa Dampaknya?. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 1(1), 1-8.

Iswardani, W. (2021). Hydroponic Vegetable Production Planning at Plantation Parung Farm Bogor. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 8-15.

Indra, W. (2021). Detection of Gen C/EBPα Encodes the Meat Quality. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Sain & Teknologi, 1(1), 24-32.

Downloads

Published

2020-11-01