PENINGKATAN KEPUASAN LEADERSHIP GURU MELALUI KOMUNIKASI HORIZONTAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ)
Abstract
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. adapun teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu koefisien regresi linier ganda. Diketahui hasil penghitungan statistik dengan menggunakan SPSS 22 menunjukkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Komunikasi (X1) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y), terbukti dengan ryx1 = 0,465 > r tabel = 0,381. Begitu juga terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (X2) dan Kepuasan Kerja Guru (Y), terbukti dengan ryx2 = 0,407 > r tabel = 0,381. Dan terdapat pengaruh positif antara Komunikasi (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) secara simultan (bersama-sama) dan signifikan dengan Kepuasan Kerja Guru. Terbukti dengan ry.x1x2 = 0,582 > rtabel 0,381 dan koefisiensi determinasinya sebesar 33,9%. Sedangkan sisanya 66,1% berpengaruh terhadap faktor lain. Seperti kesempatan untuk maju, keamanan kerja, pengawasan, aspek sosial,fasilitas dan lain-lain.