PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI ERA SOCIETY 5.0 DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN
Abstract
Pada masa sekarang ini dimana Pendidikan mulai mengalami pergeseran serta perubahan secara massif, baik dari sistem, administratif, maupun teknis yang sedang berkembang saat ini. Terjadi nya disrupsi society 5.0 membuat peran pendidik mulai bergeser dan membuat pendidik tidak lagi menjadi elemen krusial dalam dimensi Pendidikan, kemudian kegiatan Pendidikan sudah tidak terikat lagi dengan ruang dan waktu. . Arus perkembangan tekhnologi dan informasi yang mengalir sangat cepat dalam dunia pendidikan, menuntut tenaga pendidik melakukan pembaharuan dari sisi intelektual, interpersonal, maupun keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peran kompetensi guru, dengan fokus kompetensi guru di era Society 5.0. Kompetensi guru ialah salah satu point utama untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, bermutu dan siap bersaing dalam berbagai aspek dalam menyongsor Era Society 5.0. Salah satunya dengan mengetahui sejauh mana peran kompetensi yang dimiliki guru di era global. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kajian deksriptif atau yang biasa dikenal dengan sebutan Library Research, dimana yang menjadi landasan dan acuan pertama yaitu berdasarkan pada beberapa sumber-sumber data atau referensi yang berbentuk teks dari pendapat para ahli. Didapati bahwa dalam menghadapi era revolusi Society 5.0 seorang guru harus memiliki kompetensi yang unggul dan berperan aktif dalam menghadapi tantangan zaman yang begitu cepat, mampu menjalankan peran nya sebagai guru yang tidak hanya sekedar mengajar tapi juga mampu mengantarkan muridnya menjadi manusia yang bermanfaat, yang ideal, cerdas, aktif, inovatif dan kreatif sesuai dengan revolusi industri Society 5.0