Peningkatan Peluang Bisnis Mandiri dengan pemanfaatan media digital di SMK YMJ Ciputat
Kata Kunci:
e-commerce, sosial media, market place, bisnis, internet.Abstrak
Perkembangan teknologi informasi di Indonesia meningkat pesat dari hari ke hari. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari perluasan area cakupan internet, peningkatan bandwidth internet, penggunaan teknologi internet dan komunikasi terbaru yang lebih cepat dan efisien, perkembangan ponsel pintar, munculnya berbagai macam media sosial dan ecommerce, serta semakin banyaknya masyarakat yang paham dan aktif menggunakan internet. Saat ini peranan teknologi informasi berpengaruh dalam dunia ekonomi khususnya dalam hal penjualan online atau dikenal ecommerce. Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat adalah sekelompok siswa salah satu sekolah Kejuruan swasta di Tangerang Selatan. Latar belakang dari pihak mitra memiliki jurusan akutansi sehingga akan memunculkan keinginan memanfaatkan media digital sebagai sarana berwirausaha. Dalam pelaksanaannya siswa hanya mengenal jenis usaha yang dilakukan cenderung masih pasif dengan menunggu pesanan dari konsumen dan kurangnya pemanfaatan media sosial maupun ecommerce di era digital saat ini. Solusi yang diusulkan dengan melakukan suatu kegiatan pelatihan Peningkatan Peluang Bisnis Mandiri dengan pemanfaatan media digital. Kegiatan ini bertujuan untuk merubah pola pikir calon pelaku usaha dari model pemasaran tradisional ke model pemasaran modern dengan memanfaatkan digital teknologi informasi. Hasil yang dicapai adalah pengetahuan mitra tentang pengenalan media digital, strategi pemasaran online melalui media sosial dalam kegiatan usaha, dan tutorial market place yang digunakan untuk bisnis online meningkat.. Hasil penilaian yang diperoleh menunjukkan bahwa dari sisi kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan sebesar 4,4 dilanjutkan untuk manfaat dari kegiatan sebesar 4,5 dan untuk manfaat dari materi yang disampaikan sebesar 4,4.
Referensi
Delloite. 2015. Ukm Pemicu Kemajuan Indonesia : Instrumen Pertumbuhan Bangsa [Online]. Diakses:http://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-smepowering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf
Pohan, Fauzi Rahim. 2016. Analisis Daya Saing Kakao (Theobroma Cacao l. ) Hasil Produksi Sumatera Utara Di Pasar Ekspor. Jurnal Universitas Sumatera Utara Medan.
Slamet dkk. 2016. Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia Vol.16 - No.2 April 2016
Antika, E. dan Ismailia, T. (2016). Pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk UD Wahana Mandiri Sejahtera Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, 228-231.
Candraningrum, D. A., Rusdi, F., dan Hapsari, Z. R. (2021). Pengelolaan media sebagai sarana promosi usaha warung bakso mahkota. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1): 29-38.
Damayanti dan Bulan, W. (2018). PKM pemanfaatan media sosial instagram Kelompok UKM kuliner Depok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Gani, A., A. dan Basalamah, J. (2019). Sosial media sebagai strategi marketing pada usaha mikro kecil di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2): 163-170.
Permatasari, M. P. dan Endriastuti A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(1): 91-99.
Sadiyah, K., Septiningrum, L. D., Hasan, J. M., Gustiasari D. R., dan Darsita, I. (2020). Pengenalan digital marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga (IRT) Majelis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi PKM UNPAM, 1(3): 1-8.
Woelandari, D. S. dan Setyawati, N. W. (2018). Sosialisasi menggunakan media sosial berbasis digital. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1): 1-5.