Metode Praktis Memahami Fiqih Keseharian Melalui Pembelajaran Kitab Fathul Qarib di Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah 06 Serpong

Authors

  • Mukhlisin Mukhlisin Universitas Pamulang

Keywords:

Pelatihan, Fiqih praktis, Fathul Qarib.

Abstract

Fiqih memiliki cakupan kajian yang sangat luas dan memiliki urgensi yang tinggi. Sayangnya dari generasi muda banyak yang melalaikan bahkan menyepelekan hukum-hukum dasar dalam fiqih, seperti tata cara bersuci, tata cara sholat, dan lainya. Seorang manusia tentunya akan merasa memerlukan fiqih seiring dengan kesadarannya sebagai seorang muslim terlebih bagi seorang mahasiswa yang merupakan agent of change dan dipandang sebagai kaum inteletual. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kesadaran santri mengenai fiqih praktis melalui pembelajaran kitab Fathul Qarib. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah menggunakan metode bandongan, dan tanya Metode bandongan merupakan metode dalam pengajaran kitab kuning yang mana kyai atau ustadz membacakan, menerjemahkan serta menjelaskan kitab kuning, kemudian santri mendengarkan dan menuliskan terjemahannya (ngapsahi). Sedangkan metode tanya jawab merupakan metode yang juga dilakukan dengan pemberian kesempatan untuk bertanya sesuai dengan fasal yang dibahas dalam pembelajaran kitab Fathul Qarib, metode tanya jawab dilakukan setelah metode bandongan.jawab. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan kitab Fathul Qarib di pondok pesantren Alif Lam Mim, dapat disimpulkan bahwa. santri bisa mengevaluasi diri mengenai pemahaman terhadap fiqih praktis. Para santri juga bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman terhadap ilmu fiqih. Dari pembelajaran ini para santri dapat menerapkan ilmu fiqih dalam kehidupan sehari-hari dengan benar dan sesuai dengan hukum yang ada.

References

Aliudin, A., & Muslihah, E. (2019). Metode Pembelajaran Diskusi dan Sorogan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Fath Al-Qorib. QATHRUNÂ, 6(1), 141-167.

Chaq, M. D. (2019). Penerapan Fiqh di Tengah Perbedaan Madhhab Hukum Islam. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 7(2), 51–66.

Fodhil, M., & Azizah, E. S. N. (2021). Improvement of Fiqh Lesson Through The Fathul Qorib Study. SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education, 1(2), 79-83.

Fathul Qorib Bagi Pemula di Pondok Pesantren Sidogiri Salafi KabupatPasuruan. Jurnal

Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3). https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1025

Jaeni, M. (2018). A Comparative Study of Ngapsahi Analysis and Tagmemic Analysis on Arabic Texts in Kitab Kuning. ALSINATUNA, 4(1), 19-32.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah. Jurnal Al-Wijdan, 5(2). 167-179

Mansyur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4, 31–44.

Restu, M., & Wahyuni, S. (2019). Implementasi Metode Al Miftah Lil Ulum dalam Membaca Kitab

Shobirin, M. S., & Wafiroh, M. (2021). Application of The Circ Learning Model to Improve Student's Reading and Writing Skills in The Yellow Kitab Subject. SCHOOLAR: Social and Literature Study in Education, 1(2), 84-87.

Sulaikho, S. (2018). Nubżah Al-Bayãn Sebagai Solusi Menguasai Keterampilan Membaca Kitab Klasik/Kitab Kuning. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 33-46.

Downloads

Published

2022-12-08